Ditampilkan di Pekan Gawai Dayak, Pangka Gasing Permainan Dimasa Kecil yang Hampir Terlupakan

Pekan Gawai Dayak yang diselenggarakan di rumah Radank Pontianak, juga mengadakan berbagai perlombaan menarik. Seperti halnya Pangka Gasing

Ditampilkan di Pekan Gawai Dayak, Pangka Gasing Permainan Dimasa Kecil yang Hampir Terlupakan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina Wulan
Peserta lomba Pangka Gasing saat melakukan pemanasan 

Ditampilkan di Pekan Gawai Dayak, Pangka Gasing Permainan Dimasa Kecil yang Hampir Terlupakan

PONTIANAK Pekan Gawai Dayak yang diselenggarakan di rumah Radank Pontianak, juga mengadakan berbagai perlombaan menarik. Seperti halnya Pangka Gasing yang di gelar di halaman depan rumah Radank Pontianak, Kamis (23/05/2019).

Romanus Romi (20) yang merupakan seorang mahasiswa di satu diantara Universitas di Pontianak mengatakan kecintaannya pada permainan gasing sudah sedari kecil. Ia dari masa kecilnya sudah bermain Pangka Gasing hingga saat ini.

Meskipun banyak permainan modern, namun baginya permainan gasing ini mempunyai keseruan tersendiri.

"Udah dari SD main gasing, ya sampai sekarang suka mainnya. Karena keseruannya tu beda. Terus kan ada tekniknya sendiri, kalau di Kapuas hulu tu yang bagian runcing nya di bawah. Kalau daerah lain ada yang kepalanya di bawah pas di putarkan," ujarnya.

Romi mengaku baru pertama kali berpartisipasi dalam perlombaan Pangka Gasing tersebut, ia biasanya hanya bermain di rumah. Hal ini juga dikarenakan lomba Pangka Gasing tidak selalu ada, hanya pada saat gawai ataupun acara ada tertentu baru dipertunjukkan ataupun diperlombakan.

Baca: Sempat Menangis, Pengurus Masjid Ceritakan Aura Wajah Ustaz Arifin Ilham Saat Meninggal

Baca: Bupati Citra Minta Caleg Menang Tak Busungkan Dada

Baca: Rina Nose Serukan Suara Dengan Lagu Sensitif Untuk Indonesia

"Baru kali ini bisa ikut lomba, ya lomba Pangka Gasing kan jarang juga ada. Terus kalaupun ada kadang di daerah, sedangkan saya kan kuliah di sini. Jadi sekarang baru bisa ikut," jelasnya.

Romi juga mengharapkan, agar perlombaan Pangka Gasing dapat terus di adakan tidak hanya pada saat event besar atau pada saat gawai Dayak seperti ini. Sehingga generasi muda seperti nya dapat melihat permainan ini secara langsung tidak hanya dari video atau gambar.

"Senang, ramai juga penontonnya, terus juga harapan lomba ini ada terus bukan cuma pas gawai Dayak," ujar remaja yang menggunakan pakaian adat dayak tersebut.

Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved