Pemilu 2019

Terkait Hasil Pemilu 2019, Ini Komentar Yakobus Kumis

MADN ditegaskan Yakobus Kumis telah mengeluarkan imbauan agar bersama-sama menjaga situasi kondusif.

Terkait Hasil Pemilu 2019, Ini Komentar Yakobus Kumis
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Sekretaris Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) Yakobus Kumis 

Terkait Hasil Pemilu 2019, Ini Komentar Yakobus Kumis

PONTIANAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melakukan pengumuman terkait hasil Pemilu 2019. Dengan diumumkannya hasil Pemilu tersebut maka sudah diketahui secara pasti siapa pemenangnya.

Menurut Sekjen Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), Yakobus Kumis ia ingin menjelaskan bahwa  proses Pemilu baik pemilihan legislatif maupun presiden sudah berjalan dengan baik, dengan aman kemudian proses perhitungan suara juga dimulai tanggal 17 April sampailah saat sekarang ini.

Semua tahapan sudah dilakukan berdasarkan aturan yang berlaku. Oleh sebab itu, ia menegaskan apa yang menjadi kesepakatan bersama   dan negara ini adalah negara hukum maka seluruh  proses yang sudah berlangsung dan sesuai aturan semua pihak harus berbesar hati, berjiwa besar  menerima semua keputusan yang telah dilakukan.

Baca: VIDEO: Kehadiran Kapal Kemanusiaan AMCF Usung Berbagi Takjil dan Program Kemanusiaan

Baca: Prediksi Persela Vs Persipura Shopee Liga 1 2019 Kick Off Berlangsung Pukul 20.30 WIB

"Kita yakin semua Parpol yang telah mengikuti proses hingga tadi malam sudah menandatangi hasil perhitungan suara itu, hanya tim Paslon nonor 2 tidak mau tanda tangan" ucap Yakobus Kumis saat diwawancarai, Selasa (21/5/2019).

Hasil Pilpres dan Pileg ditegaskannya adalah sama, oleh karena itu ia mengatakan apa yang ada terkait proses berjalan dengan prosedur hukum yang ada.

Kalaupun ada pihak yang tidak puas, maka disarankan menempuh jalur hukum. Sebab Indonesia adalah megara hukum dan ada aturan yang mengatur sehingga tidak seenak-enaknya sendiri.

"Untuk itu, saya mengimbau pada seluruh masyarakat umumnya Kalimantan dan Kalbar khususnya  untuk bersama-sama menjaga situasi aman, damai dan tidak usah ikut-ikutan melakukan demo atau pengerahan masa guna provokasi ataupun mengumpulkan masa untuk menolak pendemo," tegasnya.

Siapapun yang menang, menurutnya harus didukung. Tentunya yang kalah harus berbenah diri, mungkin kedepan bisa memenangkan Pilpres maupun Pileg.

MADN ditegaskan Yakobus Kumis telah mengeluarkan imbauan agar bersama-sama menjaga situasi kondusif.

Ia mengajak percayakan pada TNI dan Polri untuk menjaga keamanan dan sempat ada berita bahwa masyarakat Dayak beramai-ramai berbondong ke Jakarta ia tegaskan tidak benar dan tidak betul.

Penulis: Syahroni
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved