Pembangunan Rumah Adat Rampung, Kapuas Hulu Gelar Gawai Dayak

Terkait peresmian betang, kata Kusnadi kalau memungkinkan dilaksanakan 2019. Meskipun sebetulnya masih banyak yang harus dipersiapkan lagi.

Pembangunan Rumah Adat Rampung, Kapuas Hulu Gelar Gawai Dayak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Sekretaris DAD Kapuas Hulu Petrus Kusnadi 

Pembangunan Rumah Adat Rampung, Kapuas Hulu Gelar Gawai Dayak

KAPUAS HULU - Sekretaris dewan adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Petrus Kusnadi menyatakan, pihaknya akan melaksanakan kegiatan Gawai Dayak tingkat kabupaten di Kapuas Hulu.

"Terkait kapan dan waktu belum kita tentukan, karena masih menunggu rampungnya pembangunan rumah adat Dayak Kabupaten Kapuas Hulu selesai dibangun," ujarnya kepada wartawan, Selasa (21/5/2019).

Petrus Kusnadi menjelaskan, apabila pembangunan rumah adat Dayak rampung, semua kegiatan gawai Dayak berlangsung di rumah adat Dayak tersebut.

"Kita ingin rumah adat Dayak sebagai wadah untuk mengkoordinir sekberkesda yang ada di Kapuas Hulu, serta pelaksanaan berbagai even budaya salah satunya Pekan Gawai Dayak," ucapnya.

Baca: VIDEO: Situasi Pasar Murah Ramadan di Kapuas Hulu

Baca: Yuk Ikut Pasar Murah Bulog di Kapuas Hulu, Ada Beras, Minyak Goreng, Hingga Gula Murah

Sedangkan alamat Rumah Betang Kabupaten Kapuas Hulu, di Jl Lintas Utara, Desa Pala Pulau, Kecamatan Putussibau Utara.

"Pembangunan tahap akhir ini sistem kontraktual. Awalnya dianggarkan Rp 2,3 milyar dari Disdikbud, namun setelah lelang jatuh jadi Rp 1,9 milyar. Itu untuk finishing, baik itu lantai dasarnya dioker, pasang jaringan listrik, buat wc, pengerjaan platfom dan pengecatan," ujarnya.

Terkait peresmian betang, kata Kusnadi kalau memungkinkan dilaksanakan 2019. Meskipun sebetulnya masih banyak yang harus dipersiapkan lagi.

"Kita usahakan peningkatan lagi di tahun 2020. Pembangunannya secara total seperti pelataran, parkir, taman, pagar dan drinase," ungkapnya. (rul)

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved