Idul Fitri

Mudik Lebaran Edi Kamtono Tekankan Keselamatan Penumpang, Siapkan Posko Angkutan Laut Lebaran

Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak membentuk Posko Terpadu dalam rangka memberikan pelayanan

Mudik Lebaran Edi Kamtono Tekankan Keselamatan Penumpang, Siapkan Posko Angkutan Laut Lebaran
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama. 

Citizen Reporter
Humas Pemkot Pontianak
Jimmy Ibrahim

Mudik Lebaran Edi Kamtono Tekankan Keselamatan Penumpang, KSOP Siapkan Posko Terpadu Angkutan Laut Lebaran

PONTIANAK - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pontianak membentuk Posko Terpadu dalam rangka memberikan pelayanan kepada seluruh penumpang yang menggunakan angkutan laut untuk mudik lebaran.

Posko yang berlokasi di Pelabuhan Dwikora ini melibatkan petugas dari 23 instansi terkait.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menekankan kepada seluruh petugas yang bertugas untuk senantiasa mengutamakan keselamatan para penumpang, baik itu yang tiba di pelabuhan naik ke kapal maupun yang turun dari kapal. Kondisi cuaca juga menentukan dalam keselamatan kapal itu sendiri.

“Harapan kita, tidak menginginkan kejadian-kejadian kecelakaan angkutan laut atau sungai yang sekarang ini intensitas arus mudik dan arus balik akan meningkat,” ujarnya usai bertindak selaku Inspektur Apel pembukaan Posko Angkutan Laut Lebaran di Pelabuhan Dwikora, Senin (20/5) sore.

Baca: Fahir Terpilih Jadi Ketua Komsat UNU Kalbar, Bawa Misi Ciptakan Kader Militan

Baca: RAMALAN ZODIAK Asmara Selasa 21 Mei 2019, Fokus Pada Pasanganmu Leo, Hadapai Kebenaran Cancer

Baca: 4 Daerah Kalbar Berpotensi Alami Hujan Deras

Pada saat menjelang lebaran, lanjut Edi, akan ada lonjakan penumpang, khususnya angkutan laut. Hal ini disebabkan semakin banyaknya masyarakat yang ingin mudik, terutama warga Kalbar dan sekitarnya ke Pulau Jawa dan pulau-pulau lainnya. Selain itu juga disebabkan tingginya harga tiket pesawat sehingga masyarakat lebih memilih transportasi angkutan laut yang lebih terjangkau.

Menurutnya, dengan kondisi dimana terjadinya penumpukan manusia di sekitar pelabuhan, dikuatirkan ada oknum-oknum yang mengambil kesempatan di keramaian saat kapal datang maupun berangkat.

Hal ini perlu diwaspadai apabila ada oknum-oknum yang mengambil kesempatan di saat membludaknya penumpang dan barang di pelabuhan.

“Oleh sebab itu, seluruh petugas yang bertugas di sektor perhubungan laut, dengan adanya posko terpadu, bisa lebih memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang mudik maupun yang kembali,” kata Edi.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved