Pemilu 2019

KPU Kalbar Sarankan Pihak Tak Puas Pada Hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

Divisi Hukum KPU Kalbar, Mujiyo menyarankan agar pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu dapat menempuh jalur

KPU Kalbar Sarankan Pihak Tak Puas Pada Hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi
TRIBUNPONTIANAK/YOUTUBE
Wakil Ketua Divisi Keuangan dan Logistik KPU Provinsi Kalbar, Mujiyo 

KPU Kalbar Sarankan Pihak Tak Puas Pada Hasil Pemilu ke Mahkamah Konstitusi

PONTIANAK - Divisi Hukum KPU Kalbar, Mujiyo menyarankan agar pihak yang tidak puas dengan hasil pemilu dapat menempuh jalur yang ada yakni dengan ke Mahkamah Konstitusi.

"Menurut saya memang semuanya harus taat pada hukum saja, taat pada peraturan saja, semua diselesaikan ada mekanismenya, dan itu sudah dijamin oleh UU bahwa proses yang tidak sesuai dengan aturan bisa dilakukan gugatan, ada jalurnya dan silahkan menggunakan jalur itu, yakni jalur konstitional," ujar Mujiyo, Selasa (21/05/2019).

Karena semua muara permasalahan, kata dia, akan ada jalur hukumnya yang harus ditindaklanjuti sebagaimana yang selama ini sudah dilakukan masyarakat berkenaan dengan laporan ke Bawaslu kemudian Bawaslu merekomedasikan ke KPU dan KPU menindaklanjuti.

Ia pun mengatakan jika KPU Kalbar telah menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu sesuai laporan yang juga kepada Bawaslu itu sendiri.

Baca: Konsultasi Ramadan: Lupa Mandi Junub, Apakah Membatalkan Puasa?

Baca: Siaga 1, Sat Sabhara Polres Landak Gencarkan Patroli Preventif

Baca: Ngaku Intel TNI Buat Pacari Wanita, Pria Beristri ini Diciduk Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns

"Saya pikir untuk semua rekomendasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu sudah ditindaklanjuti semuanya oleh KPU. Ada yang dilakukan PSU, ada yang kemudian dilakukan PSL, ada juga yang kemudian dilakukan perbaikan berdasarkan pleno, jadi itu semua merupakan tindaklanjut dari semua laporan yang disampaikan ke Bawaslu. Kalau Situng kita hanya menginput data, yang menselesaikan di Pusat. Situng sendiri juga setiap ada permasalahan sudah kita lakukan koreksi, dan yang melakukan KPU RI," terangnya.

Mujiyo pun memastikan bahwa jajarannya telah bekerja dengan maksimal serta menjunjung tinggi profesionalitas.

"Kami tentu menjamin kami bekerja sesuai dengan profesionalitas kita, integritas kita, kalau kemudian dimasyarakat yang tidak percaya silahkan saja dilaporkan jika memang ada petugas kita yang tidak netral atau sebagainya," pungkasnya.

Penulis: Rihard Nelson Silaban
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved