Waspada Peretasan Via Spyware di WhatsApp, BSSN Imbau Lakukan Ini untuk Cegah Pencurian Data

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai isu peretasan melalui spyware di aplikasi pesan WhatsApp

Waspada Peretasan Via Spyware di WhatsApp, BSSN Imbau Lakukan Ini untuk Cegah Pencurian Data
WhatsApp
logo Whatsapp 

Waspada Peretasan Via Spyware di WhatsApp, BSSN Imbau Lakukan Ini untuk Cegah Pencurian Data

Isu peretasan melalui spyware di aplikasi pesan WhatsApp mengemuka dan menjadi perbincangan hangat pada Kamis (16/05/2019). 

Spyware atau perangkat pengintai adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada satu diantara bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai isu peretasan melalui spyware di aplikasi pesan WhatsApp.

Hal itu disampaikan secara detail melalui akun Twitter resmi @BBSN_RI pada Kamis (16/05/2019). Cuitan dilengkapi dengan desain grafis yang memberikan penjelasan tentang Spyware.  

Baca: Cara Agar Tak Dimasukkan ke Grup WhatsApp Tanpa Persetujuan

Baca: Cara Agar Lebih Cepat Mengetik di WhatsApp, 4 Cara Ini Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Spyware merupakan perangkat lunak yang terpasang pada ponsel, komputer atau gawai lainnya tanpa persetujuan pemilik dan tanpa terdeteksi, untuk memonitor aktivitas hingga mencuri informasi penting dari objek yang diserang.

Pada ponsel spyware dapat memonitor informasi diantaranya riwayat panggilan telepon, pesan teks, daftar kontak, lokasi ponsel, foto, email, serta data-data penting lainnya.

Celah keamanan pada aplikasi pesan singkat WhatsApp beberapa waktu lalu ditemukan pada fitur panggilan telepon.

Dimana para peretas melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp ke ponsel target.

Panggilan telepon ini meskipun tidka terjawab memungkinkan peretas untuk memasukkan dan memasang malware yang mampu mengakses ponsel target, memonitor dan mencuri sejumlah informasi.

logo whatsapp
logo whatsapp (NET)
Halaman
1234
Penulis: Rizky Prabowo Rahino
Editor: Rizky Prabowo Rahino
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved