Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 16 Beri Materi Wawasan Kebangsaan pada Murid SD

Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, Batalyon Artileri Medan 16/Komposit memberikan materi Wawasan Kebangsaan

Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 16 Beri Materi Wawasan Kebangsaan pada Murid SD
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Batalyon Artileri Medan 16/Komposit saat memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Makedonia Ngabang bertempat di Aula Yonarmed 16/Kmp pada hari Sabtu, (17/5/2019). 

Tanamkan Cinta Tanah Air, Yonarmed 16 Beri Materi Wawasan Kebangsaan pada Murid SD

LANDAK - Dalam rangka menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini, Batalyon Artileri Medan 16/Komposit memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) Makedonia Ngabang bertempat di Aula Yonarmed 16/Kmp pada hari Sabtu, (17/5/2019).

Komandan Batalyon Armed 16/Komposit, Mayor Arm Yoga Permana, S.Sos., melalui Kepala Penerangan Kodam XII Tanjungpura Kolonel Infanteri Aulia Fahmi Dalimunthe mengatakan dengan penyampaian materi kebangsaan, diharapkan tumbuh rasa bela negara, rasa cinta Tanah Air dan berwawasan kebangsaan.

Diharap nantinya, dengan kegiatan ini para siswa dan siswi dapat menjadi generasi yang berkompeten dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Selain itu juga Danyonarmed 16/Komposit, Mayor Arm Yoga Permana, S.Sos., berpesan kepada siswa-siswi SD Makedonia Ngabang agar selalu semangan dan rajin belajar, berlaku sopan kepada orang tua, guru dan kepada siapapun juga.

Baca: UKM Seni Polnep Berdonasi dengan Cara Mengamen dan Charity Night

Baca: TERPOPULER - MotoGP Prancis, Tinju Dunia, hingga Cara Gadis Pontianak Bobol Bank Demi Mobile Legends

Baca: UKM Seni Polnep Gelar Malam Puncak Marimar Donasi untuk Panti Asuhan Syarif Hidayatullah

Sedangkan Letnan Dua Arm Ery Setiawan selaku pemberi materi Wasbang mengatakan, siswa-siswi SD Makedonia memiliki posisi strategis dalam membentuk dasar-dasar mental dan perilaku generasi muda bangsa.

Usia seperti ini tentunya sangat penting diberikan bekal wawasan kebangsaan yang memadai untuk mewarnai perjalanannya meraih cita-cita dimasa yang akan datang.

Dengan alasan tersebut, siswa SD Makedonia juga perlu diberi materi tentang wawasan kebangsaan sesuai dengan levelnya, dan pemberian wawasan tersebut harus disesuaikan dengan keadaan usia. Sehingga bisa mudah dicerna, dipahami dan dimengerti untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

Lanjutnya menjelaskan, pemberian pembekalan wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi SD Makedonia materinya disesuaikan dengan kemampuan daya pikir anak setingkat SD. Yaitu, dengan pola mengajak kembali untuk mengingat nama-nama para pahlawan nasional serta perjuangannya.

Selain itu bisa juga dengan menyanyikan lagu-lagu nasional, pengetahuan pancasila dan UUD 1945, latihan PBB dasar, penanaman nilai-nilai saling menghormati, kesetiakawanan, dan sopan santun. dan juga bisa dengan giat belajar sebagai bagian dari perjuangan adik-adik siswa-siswi sekolah dasar.

Terpisah, Kepala Sekolah SD Makedonia Ibu Yully Wince Papilaya menyampaikan, pemberian pemahaman wawasan kebangsaan, utamanya kepada anak-anak SD memiliki nilai yang sangat strategis. Hal ini tentunya dalam rangka pembinaan sumberdaya manusia, khususnya anak-anak dan generasi muda untuk lebih mencintai tanah airnya, memiliki rasa bela negara, memiliki semangat juang dalam belajar.

Selain itu hal ini juga untuk menumbuhkan rasa saling menghormati antar sesama semenjak dini, dalam menunjang pertahanan semesta sebagai sistem pertahanan NKRI.

Kepala SD Makedonia berharap juga, kegiatan seperti ini agar lebih sering dilaksanakan, karena menurutnya, Kegiatan wawasan kebangsaan dapat menumbuhkan minat belajar bagi anak-anak.

Menurutnya, Anak-anak sangat bangga dan mengidolakan TNI. Jadi,dengan hadirnya TNI dapat membantu menyemangati siswa-siswi untuk belajar lebih giat.

Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved