Mahasiswa STIK Muhammadiyah Berikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Banjar Serasan

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan

Mahasiswa STIK Muhammadiyah Berikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Banjar Serasan
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama mahasiswa STIK Muhammadiyah, Ketua RW, Ketua RT dan para Kader Puskesmas di Kelurahan Banjar 

Mahasiswa STIK Muhammadiyah Berikan Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Warga Banjar Serasan

Citizen Reporter
Kepala Pusat Humas Promosi dan PMB STIK Muhammadiyah Pontianak
Ns. Usman, M.Kep

PONTIANAK - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan (STIK) Muhammadiyah Pontianak melakukan pemeriksaan kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan tetang hipertensi, diabetes, TB paru, dan memberikan terapi reminiscence.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Posyandu Delima, Kelurahan Banjar Serasan, RW 07 dan RW 08, Kecamatan Pontianak Timur, dalam rangka praktik kerja lapangan stase komunitas pada Kamis (16/5) lalu.

Dimulai dari pendaftaran, setelah itu dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah, pengukuran berat badan dan anamnesa penyakit yang dialami pasien.

Dilanjutkan dengan penyuluhan kesehatan mulai dari hipertensi, diabetes dan TB paru, di lanjutkan dengan terapi reminiscence untuk warga yang menderita penyakit hipertensi dengan cara bercerita mulai dari kenangan masa kecil sampai menikah.

Baca: Jawdal Pekan Gawai Dayak Ke 34, di Pontianak Tahun 2019

Baca: Hasil Pleno KPU RI: Rekap Hasil Pilpres 2019 dari 30 Provinsi, Cek Daerah Jokowi dan Prabowo Unggul

Baca: Muntah Secara Tak Sengaja, Batalkah Puasa

Pada tahap akhir yaitu dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga sesuai keluhan mulai dari gula darah, kolestrol dan asam urat.

Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Mahasiswa STIK Muhammadiyah yang berjumlah 10 orang, dimana turut hadir juga pihak Puskesmas Banjar Serasan, Ketua RW, Ketua RT dan para Kader Puskesmas.

Warga yang mengikuti kegiatan tersebut megatakan senang, dan selalu hadir jika diadakan pemeriksaan kesehatan gratis, karena dengan begitu mereka dapat mengetahui kondisi kesehatan mereka.

Selain itu, mahasiswa STIK Muhammadiyah Pontianak juga merasa senang dan puas, karena antusias dari warga RW 07 dan RW 08 sangan besar dalam mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis tersebut.

Ketua Penyelenggara, Marieta Gorreti berharap dengan adanya pemeriksaan gratis, penyuluhan kesehatan dan terapi reminiscence ini dapat memberikan manfaat yaitu dapat mendeteksi dini gejala penyakit serta menurunkan tekanan darah dan memberikan pengetahuan terkait hipertensi, diabetes, dan TB paru.

"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat di follow up oleh pihak yang terkait (Puskesmas_red) sebagai unit kesehatan primer di masyarakat," ujarnya.

Terpisah, satu diantara dosen pembimbing, Ns Usman MKep mengatakan kegiatan ini diselenggarakan berkat kerjasama antara Kelurahan, Puskesmas dan seluruh kader yang ada Kelurahan Banjar Sarasan.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak atas kerjasama yang sudah dilakukan selama ini, semoga kedepannya kegiatan kegiatan yang lain juga dapat dilakukan di Kelurahan Banjar Serasan ini," pungkasnya.

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved