Terus Berdayakan Masyarakat, SAMPAN Kalbar Buat Program Benih Kepiting di Desa Medan Mas

Sebelum meletakkan lokasi di Desa Medan Mas, Beni menyebutkan rencana awal pembuatan instalasi pembibitan sebenarnya di Pulau Mas Tiga

Terus Berdayakan Masyarakat, SAMPAN Kalbar Buat Program Benih Kepiting di Desa Medan Mas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
ILUSTRASI 

Terus Berdayakan Masyarakat, SAMPAN Kalbar Buat Program Benih Kepiting di Desa Medan Mas

PONTIANAK - LSM Sahabat Masyarakat Pantai (SAMPAN) Kalimantan Barat tak henti-hentinya membuat program pemberdayaan masyarakat desa.

Kali ini SAMPAN bersama masyarakat Desa Medan Mas Kubu Raya, membuat kelompok budidaya kepiting. Hal itu disampaikan langsung perwakilan SAMPAN Kalimantan, Beni bahwa saat ini pihaknya bersama masyarakat tengah membuat tempat Instalasi Pembenihan (hatchery) kepiting yang terletak di Desa Medan Mas, Kabupaten Kubu Raya.

"Dipilihnya desa itu sebagai lokasi hatchery dikarenakan berada di tengah-tengah wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar sehingga dianggap strategis,"ucap Beni saat diwawancarai, Minggu (19/5/2019).

Baca: Bangun Keramba Kepiting di Batu Ampar, Dede Rargetkan Produksi 30 Ton Kepiting Per Bulan

Baca: Wakil Bupati Hermanus Tinjau Lokasi Pembangunan Keramba Kepiting di Batu Ampar

Lanjut dijelaskan Beni, sebelulumnya masyarakat dikirim ke Jepara untuk mengikuti magang atau training budidaya bibit kepiting sehingga saat ini mereka membuat instalasi sendiri untuk mengembangkan didaerahnya. Untuk instalasi sendiri itargetkannya kan selesai dalam waktu dekat ini.

Sebelum meletakkan lokasi di Desa Medan Mas, Beni menyebutkan rencana awal pembuatan instalasi pembibitan sebenarnya di Pulau Mas Tiga yang berada di wilayah Desa Tanjung Harapan.

Namun setelah dilakukan diskusi bersama kelompok perwakilan yang magang pembenihan bibit kepiting di Jepara, dengan mempertimbangkan poin-poin utama lokasi mesti ke pulau, listrik dan akses jalan maka disepakati lokasinya di rubah ke Desa Medan Mas.

Baca: Budidaya Kepiting di Bentang Pesisir Padang Tikar, Dede: Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Baca: Selama 2018, Tercatat 3 Kasus Penyelundupan Kepiting Betina Bertelur Berhasil Digagalkan

"Jika instalasi pembenihan kepiting ini selesai dibangunan maka akan menjadi hatchery pertama yang ada di Pulau Kalimantan. Artinya, nanti disini bisa sebagai pusat pembenihan bibit kepiting yang bisa mensuport untuk kebutuhan para pembudidaya kepiting," ucap Beni pada media.

Program pembuatan instalasi pembenihan kepiting ini dipastikannya sudah diketahui Pemerintah Kubu Raya dan Kalimantan Barat dan menurutnya Pemda mendukung.

Sementara untuk anggaran dibantu oleh SAMPAN dan Yayasan IDH

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved