Sosok Bupati Sambas, Wahyudi : Figur yang Mampu Atasi Persoalan Sosial Kemasyarakatan

Sosok Bupati Sambas, Wahyudi : Figur yang Mampu Atasi Persoalan Sosial Kemasyarakatan

Sosok Bupati Sambas, Wahyudi : Figur yang Mampu Atasi Persoalan Sosial Kemasyarakatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Akademisi Universitas Tanjungpura (Untan) Wahyudi 

Sosok Bupati Sambas, Wahyudi : Figur yang Mampu Atasi Persoalan Sosial Kemasyarakatan

SAMBAS - Akademisi Fakultas Ekonomi, Universitas Tanjungpura (Untan) Wahyudi mengatakan, Figur yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk di jadikan sebagai Bupati Sambas adalah sosok yang mampu mengatasi persoalan sosial kemasyarakatan.

"Diantara masalah tersebut yakni yang sedang dihadapi masyarakat, seperti layanan kesehatan (BPJS), peningkatan nilai tukar petani dan nelayan, jaminan ketersedian dan stabilitas kebutuhan pokok termasuk elpiji tiga kilogram, dan bantuan beasiswa pendidikan bagi masyarakat miskin atau tidak mampu," ungkap Wahyudi, Minggu (19/5).

Selain itu, ia katakan bahwa sosok Bupati juga harus mampu melakukan pemerataan dan penyediaan infrastruktur dasar yang di mulai dari pedesaan. Terutama yang menjadi kewenangan dari pemerintah Kabupaten.

"Sebagai Pemimpin Daerah, maka Bupati harus punya leadership style yang kuat, dengan kriteria standar yakni punya integritas, kapasitas dan kapabilitas. Pemimpin yang memiliki integritas yang baik, akan mampu memimpin Sambas," bebernya.

"Kemampuan haruslah diakui publik sehingga masyarakat sangat menghormati dan menjadikannya sebagai panutan, karena perilakunya yang menjunjung tinggi prestasi dan kemajuan dan nilai-nilai kebaikan," jelasWahyudi.

Baca: Masih Berpotensi Hujan Lebat di Sejumlah Wilayah Kalbar

Baca: Jadwal Pekan Ke-38 Liga Italia, Tiga Klub Berjuang Lolos Dari Degradasi, Parma Terancam

Lebih lanjut ia menjelaskan, kapabilitas kecakapann dalam memimpin mestilah bercirikan visioner dan kreatif.

Karena jika tidak memiliki kapabilitas, ia akan mengalami kesulitan dalam memimpin dan merancang pembangunan, dalam rangka mensejahterkan masyarakan Kabupaten Sambas.

"Pemimpin yang kapabel akan selalu memiliki inovasi dan kreatifitas untuk merancang program pembangunan guna memajukan masyarakat Sambas. Ia juga akan mampu mengelola kepemimpinannya secara partisipatif dengan memberikan kesempatan terhadap pemikiran-pemikiran dari luar untuk kemajuan daerah," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved