Sambas Akan Laksanakan Pilkades Serentak, Ini Harapan IMTEK

Khususnya untuk Kecamatan Teluk Keramat sendiri, ada 14 Desa dari 25 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada Oktober 2019 mendatang.

Sambas Akan Laksanakan Pilkades Serentak, Ini Harapan IMTEK
Istimewa
Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (PB-IMTEK), Wahyu. 

Sambas Akan Laksanakan Pilkades Serentak, Ini Harapan IMTEK

SAMBAS - Setelah pemilu serentak 17 April 2019 lalu selesai, selanjutnya akan ada perhelatan pesta demokrasi dalam pemilihan Kepala Desa Serentak, di Kabupaten Sambas yang dilaksanakan pada Oktober 2019.

Sebagaimana diketahui, Pemilihan Kepala Desa ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan pembangunan di ssbuah Desa.

Hal itu disebabkan masih kurang optimalnya pembangunan yang dilakukan oleh setiap Desa dalam memanfaatkan potensi Desa dan juga dalam menghasilkan pendapatan asli desa (PAD).

Untuk itu, Dalam rangka menyongsong Pilkades 2019 Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (IMTEK) menginginkan perubahan terhadap arah pembangunan Desa.

Baca: IMTEK Kabupaten Sambas Peringati Milad ke 19, Gelar Buka Bersama

Baca: Open Bidding Sekda, Ini Harapan Ketua HMI Cabang Sambas

Terutama terhadap pemanfaatan dan penggunaan Dana Desa yang menjadi andalan dalam pembangunan pada setiap Desa.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Mahasiswa Kecamatan Teluk Keramat (PB-IMTEK), Wahyu mengatakan ia berharap pembanggunan di tingkat Desa bisa optimal.

"Dengan adanya Pilkades ini kami berharap ada arah pembangunan yang mengoptimalkan peran dari Kepala Desa sebelumnya dan juga mengoptimalkan Dan Desa yang selama ini masih belum efektif untuk di kelola," ujarnya, Minggu (19/5/2019).

Ia katakan, selain mengoptimalkan Dana Desa di harapkan juga nantinya kepala Desa dapat mengembangkan potensi yang ada pada setiap Desa dan juga dapat membentuk BUMDES yang di harapkan dapat menghasilkan PAD desa itu sendiri.

"Artinya kepala desa harus juga jeli dalam mengoptimalkan potensi Desa yang ada yakni dengan membentuk BUMDES, artinya dengan BUMDES tersebut tentunya diharapkan dapat menghasilkan PAD Desa itu sendiri dengan didukung dari Dana Desa," katanya.

Baca: VIDEO: Beri Keterangan, Ini Penuturan Suryadi di Pleno PPK Kecamatan Teluk keramat

Baca: Tahun Baru Imlek, Polsek Teluk Keramat Kerahkan Personel Beri Pengamanan di Sejumlah Tempat

Fenomena dari cukup banyaknya generasi muda yang mencalonkan menjadi Kepala Desa pada Pilkades 2019 ini.

Wahyu mengatakan ini merupakan momentum bagi pemuda untuk mencoba bergerak.

"Ini momentum yang sangat bagus dan tepat untuk kaum muda mulai memunculkan nama untuk menjadi kepala desa nantinya. Tentunya dengan adanya pemuda yang menjadi calon kepala Desa ini diharapkan juga dapat memberikan energi baru serta dapat berpikir kreatif dan inovatif," lanjut Wahyu.

Oleh karena, ia berharap agar Pilkades yang akan di laksanakan ini dapat berjalan dengan baik.

Khususnya untuk Kecamatan Teluk Keramat sendiri, ada 14 Desa dari 25 desa yang melaksanakan Pilkades serentak pada Oktober 2019 mendatang. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved