Pekan Gawai Diawali dengan Upacara Ngampar Bide

Setelah digelarnya misa pembukaan gawai Dayak pada malam hari sebelumnya, digelar juga upacara adat yang disebut Ngampar Bide.

Pekan Gawai Diawali dengan Upacara Ngampar Bide
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Marpina Wulan
Proses upacara adat Ngampar Bide 

Pekan Gawai Diawali dengan Upacara Ngampar Bide

PONTIANAK - Setelah digelarnya misa pembukaan gawai Dayak pada malam hari sebelumnya, digelar juga upacara adat yang disebut Ngampar Bide.

Upacara adat Ngampar Bide di laksanakan pukul 09:51 WIB hingga selesai, di rumah Radank, Jl Sultan Abdurrahman, Pontianak,  Minggu (19/05/2019)

Upacara adat ini diikuti oleh para temenggung adat, panitia Gawai dan juga diikuti oleh peserta bujang dan dara gawai dayak yang berjumlah 52 orang yang di duduk berhadapan memusatkan pada hantaran.

Baca: 5 Parpol yang Diprediksi Unsur Pimpinan DPR RI Didominasi Koalisi Jokowi

Baca: Disebut Calon Wakil Ketua DPR RI, Daniel Johan Tunggu Putusan Cak Imin dan Pembahasan Rapat Pimpinan

Di samping kiri dan kanan juga terdapat pasukan merah sebagai pelindung pada upacara adat ini.

Ada beberapa urutan acara dalam upacara adat ini yang pertama, perkenalan panitia gawai dayak, kedua Nyangahant atau doa kepada yang Maha Kuasa.

Ketiga kata sambutan dari ketua panitia, keempat setelah itu dijelaskan mengenai adat Ngampar Bide, kemudian prosesi kelima penyerahan Tono Adat yang berupa tempayan yang menyimbolkan tanggung jawab kepada ketua panitia, dilanjutkan dengan penyerahan Pangkaras, selanjutnya penyerahan Suba berupa potongan babi, Suba panyangahant, penyerahan pangkaras, kemudian ditutup dengan tarian amboyo atau tarian ungkapan syukur.

Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved