Legislator Kalbar Diusulkan Jabat Wakil Ketua DPR RI, Pengamat: Aliran Aspirasi yang Lebih Luas

Pengamat Politik Ireng Maulana mengatakan representasi figur dari Kalbar di nasional untuk mengisi jabatan-jabatan strategis

Legislator Kalbar Diusulkan Jabat Wakil Ketua DPR RI, Pengamat: Aliran Aspirasi yang Lebih Luas
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/RIDHO PANJI PRADANA
Pengamat Pemilu Ireng Maulana 

Legislator Kalbar Diusulkan Jabat Wakil Ketua DPR RI, Ireng: Aliran Aspirasi yang Lebih Luas

PONTIANAK - Pengamat Politik Ireng Maulana mengatakan representasi figur dari Kalbar di nasional untuk mengisi jabatan-jabatan strategis pemerintahan harus lebih banyak lagi jumlahnya, dan tentu saja dengan kualitas kapasitas yang mumpuni pula.

Keterwakilan tadi bukan hanya tentang kebanggaan atau pemenuhan kuota kedaerahan saja, namun sebagai simbol kepercayaan akan kemampuan yang dimiliki oleh orang daerah dari luar Jawa.

Masyarakat akan menilai bahwa kita belum kehabisan figur-figur kepemimpinan yang terus dapat di sumbang oleh daerah.

Pandangan ini krusial karena menumbuhkan rasa percaya diri publik bahwa setiap orang masih mendapat tempat di peran-peran penting pemerintahan tanpa hambatan yang disebabkan oleh asal kedaerahan.

Misalkan komposisi unsur pimpinan DPR RI paska pemilu 2019 yang bisa saja di duduki oleh wakil dari Kalimantan Barat dengan memperhatikan nilai kelayakannya.

Baca: Polisi Turun ke Pasar Pastikan Harga Sembako di Serawai Stabil Selama Ramadan

Baca: KSR PMI Untan Akan Gelar Acara Bakso Dalam Rangka Peringati Hari Kesehatan dan PMI Sedunia XIX

Baca: Manajemen Rumah Sakit Kota Siap Dukung Dokter Johnson Buat Terobosan dan Program

Jika pencapaian ini dapat terwujud, maka paling tidak saluran komunikasi masyarakat di daerah ke Senayan memiliki aliran aspirasi yang lebih luas. Sebagai representasi kepentingan masyarakat banyak, pengaruh posisi yang strategis di parlemen nasional cukup memberikan arti penting.

Tantangan terberat mungkin terletak kepada upaya menyakinkan elite politik arus utama di nasional untuk menyiapkan porsi posisi tadi bagi wakil dari Kalimantan Barat, dan pekerjaan ini tentu tidak mudah karena kandidat-kandidat alternatif turut dipersiapkan oleh kelompok lain yang juga mengharapkan perwakilan mereka yang mendapatkan tempat tersebut.

Posisi wakil pimpinan DPR RI begitu strategis, maka selain kapasitas dan kapabilitas akan ada faktor non teknis sebagai penentu ikutan dalam usaha menduduki posisi tersebut.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved