Jelang Idul Fitri, Pemkab Landak Sidak Pasar Ngabang

"Sebentar lagi saudara-saudara kita akan merayakan idul fitri, untuk menghindari kekeliruan dalam pembelian bahan sembako maka kita mengadakan sidak,"

Jelang Idul Fitri, Pemkab Landak Sidak Pasar Ngabang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Pemda Landak sidak di Pasar Ngabang jelang Idul Fitri, Jumat (17/05/2019) 

Jelang Idul Fitri, Pemkab Landak Sidak Pasar Ngabang

LANDAK - Menjelang Idul Fitri 1440 tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Landak menggelar sidak pasar di sekitar pusat kota Ngabang pada Jumat (17/5/2019).

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga barang dan untuk meminimalisir peredaran barang tidak layak jual (kadaluawarsa) di pasar Ngabang.

Sebelum diadakan sidak pasar, tim yang berjumlah 100 orang terlebih dahulu diadakan pengarahan oleh Silvanus Sudiyanto Kepala Bagian Perekonomian dan Energi SDM Setda Landak. 

Baca: Rangkaian Safari Ramadhan, Pemprov Kalbar Salurkan Sejumlah Bantuan di Landak

Baca: Peringati Hardiknas, Pemkab Landak Serahkan Hadiah Pemenang Lomba OSN

Dalam arahannya, Silvanus menyampaikan bahwa tujuan dari sidak pasar ini yakni untuk memantau harga sembako dipasar, memeriksa kelayakan barang edar di sejumlah pasar Ngabang serta ketersediaan stok sembako menjelang lebaran.

"Sebentar lagi saudara-saudara kita akan merayakan idul fitri, untuk menghindari kekeliruan dalam pembelian bahan sembako maka kita akan mengadakan sidak pasar dengan tujuan untuk mengantisipasi kenaikan harga dan peredaran barang tidak layak jual," jelas Silvanus.

Silvanus juga menambahkan selain kedua hal tersebut juga ada beberapa hal yang perlu ditekankan yakni hal pling penting untuk melindungi masyarakat terhadap barang yang dikonsumsi.

"Sidak ini juga bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya mengkonsumsi barang yang sudah kadaluwarsa, jika sudah dikonsumsi maka akan mengakibatkan keracunan serta dapat berakibat pada pelanggaran Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," ujar Silvanus.

Baca: Wagub Ria Norsan Safari Ramadan ke Landak, Serahkan Bantuan Secara Simbolis

Baca: Usai Mengikuti Penilaian Zona Integritas di Polres Landak, Kapolsek Mandor Lakukan Ini

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa mengungkapkan, dengan adanya Sidak ini selain bertujuan mengecek harga barang juga untuk mengecek ketersedian barang yang dijual.

"Kita harus mengecek langsung kelapangan untuk memastikan ketersediaan barang kebutuhan masyarakat apakah tersedia atau tidak,selain itu mengecek harganya apakah sesuai atau tidak, maklum karena biasanya menjelang hari raya harga barang cendrung naik," ungkap Karolin.

Selain itu menurut Karolin, hal yang paling penting adalah melihat masa kadaluarsa barang yang dijual oleh pedagang.

Jika ada barang atau makanan kadaluarsa yang masih dijual pedagang maka akan ditindak tegas sesuai ketentuan.

"Hal paling penting kita juga mengecek masa kadaluarsa barang dan makanan yang dijual apakah sudah lewat masa berlaku atau belum, jika ada barang kadaluarsa maka akan segera kita tarik dari peredaran sesuai ketentuan yang berlaku," tegas Karolin.

Kegiatan yang digelar oleh Bagian Perekonomian dan Energi SDM Setda Landak ini juga melibatkan beberapa OPD lainnya yakni Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak, Dinas Kesehatan Kabupaten Landak, dan Satpol-PP Landak serta dibantu tim dari Kepolisian Resort Kabupaten Landak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved