360 Orang dari 670 Calon Kepala Desa Tes CAT

Kurang lebih 360 orang dari total 670 orang calon kepala desa (Cakades) dari 123 Desa, di Kabupaten Sambas mengikuti tes seleksi

360 Orang dari 670 Calon Kepala Desa Tes CAT
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan test CAT calon Kepala Desa di Kabupaten Sambas, Kamis (16/5/2019). 

360 Orang dari 670 Calon Kepala Desa Tes CAT

SAMBAS - Kurang lebih 360 orang dari total 670 orang calon kepala desa (Cakades) dari 123 Desa, di Kabupaten Sambas mengikuti tes seleksi sistem Computer Assisted Test (CAT).

Tes tersebut dilakukan oleh Dinas Sosial dan PMD untuk menyaring para calon kepala Desa. Terutama yang memiliki Bakal calon Kepala Desa lebih dari lima orang.

Untuk itu, mengingat ramainya jumlah peserta, Dinas Sosial PMD Kabupaten Sambas membagi tes menjadi lima sesi yang dimulai dari pukul 7.30 Wib, hingga pukul 16.10 WIB.

Dikesempatan itu, Pelaksana harian (Plh) Kepala Dinas Sosial PMD kabupaten Sambas, Edi mengungkapkan animo masyarakat untuk mengikuti Pilkades serentak tahun ini sangat tinggi.

Hal itu berdasarkan pemantauan dari banyaknya jumlah pendaftar bakal calon Kepala Desa. Menurutnya, saat ini ada di salah satu Desa yang mendaftar hingga 14 orang. Oleh karenanya, perlu di seleksi dan diambil lima orang.

Baca: Naik Dango XIII di Sambas Diharapkan Masuk Kalender Peningkatan Budaya dan Dilestarikan

Baca: Kanit Binmas Polsek Kuala Behe Ajak Warganya Cegah Karhutla

Baca: Kementrian PANRB Buka Peluang ASN Ikuti Seleksi Terbuka Calon Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama

"Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 670 orang, bahkan terdapat disalah satu desa yang mendaftar calon kades berjumlah 14 pendaftar," ungkapnya, Kamis (16/5/2019) di gedung SMKN 1 Negeri Sambas.

Ia menjelaskan, adapun tahapan pilkades serentak yang dilaksanakan saat ini akan menyelenggarakan seleksi terhadap bakal cakades yang pendaftarnya lebih dari lima orang untuk satu desa.

"Alhamdulillah secara umum lancar jalannya pelaksanaan tes berjalan lancar, namun karena sistem yang kita pakai perdana sehingga masih ada menjadi perhatian untuk perbaikan kedepan," tuturnya.

Untuk itu, dengan menggunakan sistem tersebut maka tes akan sangat mudah dan transparan, serta menjamin kecepatan hasil dan memberikan kepuasan bagi semua.

"Terdapat sekitar 360 orang yang akan kita seleksi dari total pendaftar 670 orang bakal calon kades," tutupnya. 

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved