Hadiri Gawai Dayak dan Peresmian Rumah Adat Suku Kantu' Kapuas Hulu, Ini Pesan Bupati

Abang Muhammad Nasir SH, membuka langsung acara Gawai Dayak Kantu' dan Peresmian Rumah Adat Suku Kantu'

Hadiri Gawai Dayak dan Peresmian Rumah Adat Suku Kantu' Kapuas Hulu, Ini Pesan Bupati
TRIBUNPONTIANAK/Sahirul Hakim
Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir SH saat membuka acara gawai Dayak suku Kantu' dan peresmian Rumah Adat Suku Kantu'di Desa Sungai Uluk Kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (16/5/2019). 

Hadiri Gawai Dayak dan Peresmian Rumah Adat Suku Kantu', Kapuas Hulu Ini Pesan Bupati

KAPUAS HULU - Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir SH, membuka langsung acara Gawai Dayak Kantu' dan Peresmian Rumah Adat Suku Kantu', di Desa Sungai Uluk, Kecamatan Putussibau Selatan, Kamis (16/5/2019).

"Kegiatan gawai Dayak ini, adalah kegiatan rutin dilaksanakan setiap tahun di Kalbar termasuk Kabupaten Kapuas Hulu itu sendiri," ujarnya saat memberikan katasambutan.

Nasir menuturkan, kalau pemerintah daerah Kapuas Hulu sangat mendukung setiap kegiatan seperti ini. Dimana gawai Dayak harus tetap dilestarikan dengan baik, demi menjaga budaya masyarakat Kapuas Hulu.

"Kita ketau bersama bahwa, ada 22 sub suku di Kapuas Hulu, kalau suku Kantu' berada di pesisir sungai. Kami atas nama Pemda mengucapkan selamat gawai suku Kantu', mudah-mudahan berkah dan kebaikan untuk kita semua yang akan datang," ucapnya.

Baca: Lebih Dari 20 Sampel di Ambil Petugas di Sidak Pasar Beringin Kota Singkawang

Baca: Kejaksaan Negeri Landak Bagikan 1000 Paket Sembako Gratis di Bulan Ramadan 1440 H

Baca: Pekerja Formal di Kalbar Meningkat 39,32 Persen

Menurutnya, gawai Dayak biasanya dilaksanakan habis panen karena sebagai wujud syukur yang diraihkan. "Dalam hal ini, Pemda sangat mendorong terutama di sektor pertanian, supaya tak ada impor dari daerah lain," ujarnya.

Bupati mengimbau, dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, sangat sampai budaya ditinggalkan tapi dirinya mengapresiasi masyarakat desa sungai Uluk masih tetap melestarikan acara gawai Dayak ini.

"Mengucapkan terimakasih kepada desa sungai Uluk, telah membangun rumah adat suku Kantu', diharapkan digunakan dengan efektif mungkin, baik untuk kegiatan latihan seni, mengali adat, dan kegiatan lainnya," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved