Desa Tengon Akan Kembangkan Perkebunan Kopi

Desa Tengon, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak merupakan satu diantara Desa yang ada di pedalaman Kabupaten Landak.

Desa Tengon Akan Kembangkan Perkebunan Kopi
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Desa Tengon, Rudianto 

Desa Tengon Akan Kembangkan Perkebunan Kopi

LANDAK - Desa Tengon, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak merupakan satu diantara Desa yang ada di pedalaman Kabupaten Landak.

Berjarak sekitar 100 KM dari Ngabang yang merupakan ibu Kota Kabupaten Landak, semakin termotivasi untuk menunjukkan produk unggulan Desa.

Seperti yang disampaikan oleh Kepala Desa (Kades) Tengon Rudianto kepada Tribun, dimana dalam waktu dekat masyarakatnya akan mencoba berkebun kop arabika.

Tentunya rencana tersebut bukan tanpa alasan, selain wilayah Desanya yang berada di dataran tinggi, Dinas terkait di Pemda Landak yakni Dinas Perkebunan juga mendukung program tersebut.

"Kita dapat tawaran dari Dinas perkebunan untuk bercocok tanam dibidang perkebunan yakni Kopi," ujar Rudianto kepada Tribun pada Kamis (16/5/2019) di Ngabang.

Baca: Unsur Pimpinan DPRD Pontianak dari Gerindra Ditentukan DPP

Baca: Lihat Paras Nagita Slavina Saking Cantiknya, MUA Akui Selalu Gemetaran Saat Dandankan Gigi!

Baca: Dishub Kayong Utara Belum Putuskan Langkah Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Lebaran

Mendapat tawaran tersebut, dirinya selaku pimpinan di Desa pun merasa tertantang untuk mencoba. Serta mudah-mudahan cocok di daerah dataran tiinggi.

"Kita ingin di daerah kita yang di pedalaman ini bisa berkembang. Mesmi pun sebagian besar wilayah kami masuk kawasan cagar alami, tapi nanti ada produk unggulan jika berhasil," jelasnya.

Rudianto juga menceritakan, tahun lalu pihaknya sempat menanam bawang. Meski cukup berhasil, dari bibit yang 3 kg saat panen menjadi 56 kg. Namun karena faktor cuaca, terutama musim hujan pada panen kedua kurang berhasil.

"Kayaknya tidak bisa kena suhu yang terlalu panas, gitu juga kalau terlalu dingin. Daerah kita ini suhunya suka berubah. Kalau kita lihat di Jawa itu kan di tepi sawah, kita ini di dataran tinggi," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved