Polresta Siap Amankan Pekan Gawai Dayak ke-34

"Dan sangat kami apresiasi kegiatan budaya ini, tentunya partisipasi,dukungan dari semua masyarakat, khususnya masyarakat Pontianak," ujarnya.

Polresta Siap Amankan Pekan Gawai Dayak ke-34
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Panitia Pekan Gawai Dayak (PGD) provinsi Kalimantan Barat yang ke-34 foto bersama Kapolresta Pontianak,Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir (empat dari kiri) dan jajarannya usai beraudiensi di Polresta Pontianak, Rabu (15/5/2019). 

Polresta Siapkan Pengamanan PGD ke-34, Kapolresta Pontianak : Gawai Dayak Menjadi Ajang Toleransi Kita Antar Etnik dan Agama

PONTIANAK - Panitia Pekan Gawai Dayak (PGD) provinsi Kalimantan Barat yang ke-34 melakukan audiensi dengan Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir dan jajarannya.

Audensi ini terkait pengamanan atau Kamtibmas selama kegiatan berlangsung,yakni sejak tanggal 20-26 Mei 2019 yang dipusatkan di Rumah Radangk, Jalan Sutan Syahrir, Pontianak, Kalimantan Barat.

"Terimakasih kepada rekan-rekan panitia Pekan Gawai Dayak ke-34 yang sudah audiensi dengan kami, untuk kegiatan tersebut sangat kami apresiasi, yang jelas kegiatan tersebut sudah merupakan agenda tahunan, dan juga merupakan kalender kamtibmas kami untuk pengamanan kegiatan tersebut," Kata Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir.

"Kegiatan tersebut tentunya sudah direstui juga dari bapak Kapolda, pak Pangdam dan pak Gubernur, dan kami secara teknis untuk kegiatan pengamanan," Tambah Kombes Pol Anwar.

Baca: Tahun Depan Sutarmidji akan Masukan Agenda PGD Dalam Program Pemrov dan Dibiayai APBD

Baca: Hormati Jalani Ibadah Puasa, Panitia PGD 34 Akan Sesuai Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Kapolresta berharap kegiatan tersebut dapat berlangsung dengan baik, kebetulan ini bertepatan dengan bulan suci ramadan, semoga ini menjadi contoh buat daerah-daerah yang lain bagaimana Kalimantan Barat, khususnya Pontianak bertoleransi, baik dari agama maupun etnik budaya.

"Dan sangat kami apresiasi kegiatan budaya ini, tentunya partisipasi,dukungan dari semua masyarakat, khususnya masyarakat Pontianak," Ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sebagai koordinator keamanan bersama panitia bersinergis menciptakan kegiatan budaya ini menjadi ajang untuk wisata di kota Pontianak dan sebagai ajang untuk menunjukkan bagaimana indahnya bertoleransi agama dan etnik di Pontianak, Kalimantan Barat ini.

"Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka' Jubata, Saya Kombes Pol Muhammad Anwar Nasir, Kapolresta Pontianak mengucapkan selamat atas terselenggaranya Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat yang ke-34, semoga kegiatan berlangsung dengan sukses, aman dan tentunya ini menjadi ajang toleransi kita antar etnik dan agama yang ada di kota Pontianak dan Kalbar umumnya," Kata Kombes Pol Anwar.

Baca: FOTO: Panitia PGD ke 34 Provinsi Kalbar Berkunjung ke Kodam XII Tanjungpura

Baca: PGD IX Berjalan Lancar, Panitia Ucapkan Terima Kasih Kepada Pemkab

Rangkaian acara PGD provinsi Kalbar ke-34 di mulai dengan misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak pada tanggal 18 Mei, kemudian tanggal 19 Mei dilaksanakan upacara adat ngampar bide, kemudian tanggal 20 Mei pembukaan PGD dan berakhir pada tanggal 26 Mei 2019.

Tema PGD Provinsi Kalimantan Barat ke-34 adalah "Dengan Gawai Dayak Kita Tingkatkan Solidaritas Dalam Keberagaman Untuk Memperkaya Seni Budaya Daerah Kalimantan Barat Yang Berkualitas".

Adapun sub temanya adala “Budaya Daerah merupakan nilai seniperekat hidup bagi bangsa dan Negara untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam bingkai NKRI di Kalimanatan Barat”.

Mengingat perhelatan PGD provinsi Kalbar ke-34 bersamaan dengan bulan puasa, maka panitia sepakat untuk menghentikan semua rangkaian acara hiburan dan perlombaan saat waktu berbuka puasa hingga selesai taraweh.

Kemudian semua rangkaian kegiatan juga di off kan pada tanggal 22 Mei 2019, karena bertepatan dengan hari penetapan hasil rekapitulasi resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Perhelatan akbar PGD Kalbar ke-34 ini terbuka untuk umum.

Penulis: Anesh Viduka
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved