Litbang Kalbar Lakukan Pelatihan SIG

Salah satunya adalah memenuhi indikator skor pada indeks ketahanan sosial dan indikator skor pada indeks ketahanan lingkungan.

Litbang Kalbar Lakukan Pelatihan SIG
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Para peneliti dan staf Balitbang Kalbar menggelar pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) bersama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalimantan Barat. 

Litbang Kalbar Lakukan Pelatihan SIG

PONTIANAK - Dalam rangka memberikan peningkatan kapasitas bagi para peneliti dan staf Balitbang Kalbar menggelar pelatihan Sistem Informasi Geografis (SIG) bersama dengan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Wilayah Kalimantan Barat. 

Plt Balitbang Provinsi Kalbar Emi Puterina mengatakan sebagai upaya untuk mengejar terealisasinya desa mandiri dan memberikan sumbangsih saran bagi pemangkut kepenting untuk mewujudkan beberapa indikator dari 50 indikator syarat desa mandiri. 

"Dalam kegiatan ini terdapat pelatihan untuk membuat peta thematic sebagai upaya untuk mendukung tercapainya beberapa indikator desa mandiri," ujaarnya Rabu (15/5/2019)

Salah satunya adalah memenuhi indikator skor pada indeks ketahanan sosial dan indikator skor pada indeks ketahanan lingkungan. 

Baca: Suara Jokowi Hasil Situng Pilpres 2019 Vs Rapat Pleno KPU Sambas Ternyata Selisih, Ini Perbedaannya

Baca: KPPAD Sayangkan Pengeroyokan Mengakibatkan Seorang Remaja Singkawang Meninggal

"Serta membantu praktisi SIG untuk melakukan analisis permodelan, dan pengolahan data spasial, secara efektif dan efisien terkait dengan program-program Kelitbangan," ujarnya. 

Hal yang tak kalah pentingnya pengetahuan dan peningkatan kapasitas yang terus dilakukan terkait SIG dapat menjadi modal yang besar guna mendukung program penelitian di Litbang Kalbar khususnya permodelan berbasis kewilayahan.

"Balitbang Kalbar akan terus berbenah dengan meningkatkan dan memaksimalkan seluruh potensi yang ada sehingga dapat menyuguhkan hasil penelitian dan data akurat sebagai dasar setiap pengambilan kebijakan di Pemprov Kalbar," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved