Kadisdikporapar Mempawah Harap Siswa-siswi Baru Lulus Lanjut Perguruan Tinggi

Siswa-siswi tingkat SMA dan SMK dan telah menerima surat pengumuman kelulusan secara serentak di Provinsi Kalimantan Barat

Kadisdikporapar Mempawah Harap Siswa-siswi Baru Lulus Lanjut Perguruan Tinggi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / FERRYANTO
Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olah Raga, dan Pariwisata Mempawah, Firman Juli Purnama. 

Kadisdikporapar Mempawah Harap Siswa-siswi Baru Lulus Lanjut Perguruan Tinggi

MEMPAWAH - Siswa-siswi tingkat SMA dan SMK dan telah menerima surat pengumuman kelulusan secara serentak di Provinsi Kalimantan Barat tak terkecuali Kabupaten Mempawah pada Senin (13/5/2019) kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama mengatakan di Kabupaten Mempawah tingkat kelulusan mencapai seratus persen.

Oleh sebab itu, Firman mendorong siswa-siswi yang baru lulus SMA dan SMK melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kita di bidang pendidikan masih 6.31 persen itu yang harus kita dongkrak, makanya penting bagi anak-anak itu mempunyai keahlian agar ada pegangan hidup," ujarnya, Rabu (15/5) pagi kepada Tribun.

Firman berharap, bagi siswa-siswi yang baru lulus bisa melanjutkan pendidikan, paling tidak kata dia, mereka punya keterampilan-keterampilan khusus.

Baca: Ipda Tatang Terima Motor Dinas Baru dari Kapolda Kalimantan Barat

Baca: Spesifikasi Yamaha MT 25, Motor Dinas Baru Ipda Tatang

Baca: 5 Film Terlaris Sepanjang Masa, Kamu Pilih yang Mana ?

"Karena program kita tentang bagaimana meningkatkan SDM di Kabupaten Mempawah, karena ada dua mega proyek di daerah kita, jangan sampai nanti mereka yang baru lulus ini tidak punya ke ahlian, lalu hanya bisa menjadi buruh kasar disana," ungkapnya.

Firman mengatakan, seandainya tidak bisa atau tidak mampu melanjutkan ke perguruan tinggi carilah pendidikan keterampilan khusus agar mempunyai keahlian.

"Kita tidak bisa memisahkan knowledge, attitude, dan skill, untuk mencapai itu tidak bisa mereka lakukan sendiri, orangtua juga harus memberikan dukungan kepada anaknya," tuturnya.

Kendati kata dia SMA atau SMK sekarang sudah bukan tanggung jawab penuh Kabupaten, kita disini hanya membantu, sebab kita sebagai pemerintah daerah bertanggungjawab atas keberlangsungan pendidikan di Mempawah.

Halaman
12
Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved