Penyakit Ini Rentan Menyerang Saat Bulan Puasa, Kadinkes Sintang Dokter Sinto Berikan Tips Kesehatan

katanya, jika dalam melaksanakan ibadah puasa tidak memperhatikan kondisi kesehatan, maka beberapa penyakit ini kerap menyerang

Penyakit Ini Rentan Menyerang Saat Bulan Puasa, Kadinkes Sintang Dokter Sinto Berikan Tips Kesehatan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh, saat dijumoai beberapa waktu lalu 

Penyakit-penyakit Ini Rentan Menyerang Saat Bulan Puasa, Kadinkes Sintang Dokter Sinto Berikan Tips Kesehatan! 

SINTANG - Pelaksanaan ibadah puasa Ramadan 1440 Hijriah tentunya menjadi kebahagiaan bagi semua umat muslim yang menjalankannya,  ibadah puasa diharapkan selain mendapat pahala namun kesehatan tetap terjaga. 

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh menyampaikan bahwa jika dalam melaksanakan ibadah puasa tidak memperhatikan kondisi kesehatan, maka beberapa penyakit ini kerap mengintai. 

"Karena untuk musim puasa ini yang sering itu kasus-kasus penyakit yang meningkat seperti radang tenggorokan, batuk pilek, dan penyakit maag. Ditambah lagi cuaca yang cukup panas," katanya, Selasa (14/6/2019) pagi. 

Baca: Kadiskumdag Sambas Akui Kenaikan Harga Bahan Pokok, Tren-nya Sejak Awal Ramadan

Baca: Iptu Ambril Imbau Masyarakat Anjongan Tak Main Petasan di Bulan Ramadan

Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit-penyakit ini, menurutnya untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh di bulan Ramadan adalah mengkonsumsi makanan yang tepat dan jangan sampai berlebihan. 

"Misalnya saat kita berbuka puasa itu jangan langsung minum yang dingin-dingin, coba diganti dengan air putih hangat dulu atau dengan teh manis hangat supaya perut kita ini bisa menyesuaikan setelah puasa," jelasnya. 

Lanjutnya ketika berbuka puasa langsung minum yang dingin-dingin seperti es kelapa, kemudian minum yang manis-manis seperti sirup tentunya bisa memicu penyakit radang tenggorokan dan batuk, dan ini memang sering terjadi. 

Baca: Masuki Pertengahan Ramadan, Harga Bahan Pokok di Pasar-pasar Wilayah Sambas Masih Tinggi

Baca: Pemkab Sintang Sediakan Sembako Dengan Harga Terjangkau Lewat Operasi Pasar Murah

"Karena memang itu tidak dianjurkan. Jadi coba dulu dengan air putih hangat atau tes manis hangat. Jangan ketika tenggorokan kering langsung disiram es, itu bisa menyebabkan radang tenggorokan," jelasnya. 

Selain itu, dirinya juga menganjurkan untuk memulai makan dengan makanan yang kecil-kecil lebih dahulu, tidak langsung makan dengan makanan berat. Kemudian jangan terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan makanan pedas. 

"Sebenarnya semua makanan boleh dikonsumsi pada saat berbuka. Cuma sedikit dihindari jangan sampai terlalu banyak makan gorengan, kemudian yang pedas-pedas juga dihindari. Mulai berbuka dengan makanan kecil seperti kurma supaya perut tidak terlalu kaget," pungkasnya. 

Penulis: Wahidin
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved