Muda Mahendrawan Optimis Desa Sungai Menang Wakili Kabupaten Kubu Raya di Tingkat Provinsi

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, optimistis Desa Sungai Raya mampu meraih juara dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi tahun 2019

Muda Mahendrawan Optimis Desa Sungai Menang Wakili Kabupaten Kubu Raya di Tingkat Provinsi
TRIBUNPONTIANAK/Bella
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat memberi sambutan dalam penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi di Kantor Desa Sungai Raya, Selasa (14/5). 

Muda Mahendrawan Optimis Desa Sungai Menang Wakili Kabupaten Kubu Raya di Tingkat Provinsi

KUBU RAYA - Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, optimistis Desa Sungai Raya mampu meraih juara dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi tahun 2019.

Menurut Muda, Desa Sungai Raya punya modal sosial yang baik berupa keberagaman dan modal historis sebagai desa dengan sejarah yang cukup lama.

“Kita optimistis Desa Sungai Raya ini akan mendapatkan hasil terbaik. Mengingat desa ini walaupun kecil bentuknya tapi padat dan punya keberagaman sangat tinggi sehingga menjadi modal sosial yang sangat baik. Desa ini juga punya sejarah yang cukup lama karena dulunya menjadi desa induk bagi Desa Sungai Raya Dalam dan Desa Parit Baru,” kata Muda Mahendrawan dalam sambutannya di Kantor Desa Sungai Raya, Selasa (14/5).

Baca: Rasau Jaya Jadi Kecamatan Pertama Disambangi Pemkab Kubu Raya Safari Ramadan Tahun ini

Baca: Ini Syarat Konfirmasi Ulang Penerima Manfaat Jaminan Pensiun Berkala BPJS Ketenagakerjaan

Baca: BPOM dan Pemkab Kapuas Hulu Awasi Makanan Buka Puasa di Putussibau

Selain modal sosial dan historis, Muda menyebut sejumlah kelebihan Desa Sungai Raya, diantaranya ketahanan ekonomi masyarakat yang telah banyak menjadi rumah tangga-rumah tangga mandiri.

Selain itu, gerakan-gerakan pemberdayaan perempuan cukup aktif dan ditunjang aktivitas ekonomi yang telah menggeliat.

“Saya kira walaupun desa ini bukan penghasil produksi pertanian karena lahannya memang dekat daerah perkotaan, tapi bisa menjadi penghimpun dan mata rantai yang mempercepat dalam menyalurkan dan memasarkan hasil produksi pertanian, pangan, perikanan, dan peternakan yang ada di Kubu Raya,” tuturnya.

Muda menambahkan, optimismenya juga didasarkan pada kesiapan Desa Sungai Raya yang telah mengikuti program terobosan pemerintah daerah yakni pengelolaan keuangan desa dengan sistem transaksi nontunai.

Di mana inovasi ini merupakan yang pertama kalinya di Indonesia, yang telah digagas di Kubu Raya dan diikuti oleh 28 Desa.

Penulis: Bella
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved