Kapolres Mempawah Tepis Isu Liar Dugaan Mess PT Wika Sengaja Dibakar, Berikut Penjelasannya

Sebelumnya diketahui, beberapa kali para nelayan togok dan kelong di Sungai Kunyit telah melakukan demo di PT Wika, bahkan sampai ke Gubernur Kalbar.

Kapolres Mempawah Tepis Isu Liar Dugaan Mess PT Wika Sengaja Dibakar, Berikut Penjelasannya
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID
Kapolres Mempawah dan Kobaran Api Kebakaran di PT Wika 

Kapolres Mempawah Tepis Isu Liar Dugaan Mess PT Wika Sengaja Dibakar, Berikut Penjelasannya

MEMPAWAH - Beredar isu liar di masyarakat sekitar Kabupaten Mempawah, yang menduga bahwa kebakaran di Mess Karyawan PT Wika areal Pelabuhan Internasional Kijing, Sungai Kunyit, sengaja dibakar orang.

Dugaan masyarakat meresahkan pihak Kepolisian dimana asumsi sengaja dibakar oleh orang yang diduga bermasalah dengan PT Wika.

Terlebih lagi akhir-akhir ini sedang mencuat permasalahan antara PT Wika dan para nelayan togok dan kelong yang sampai saat ini masih menuntut haknya atas pembangunan pelabuhan tersebut.

Baca: VIDEO: Mess Karyawan PT Wika Pelabuhan Internasional Kijing Terbakar

Baca: Kebakaran Mess Karyawan PT Wika Diduga Akibat Korsleting Listrik

Sebelumnya diketahui, beberapa kali para nelayan togok dan kelong di Sungai Kunyit telah melakukan demo di PT Wika, bahkan sampai ke Gubernur Kalbar.

Menanggapi hal itu, lantaran khawatir isu liar tersebut mengganggu situasi kamtibmas di wilayah hukumnya, Kapolres Mempawah, AKBP Didik Dwi Santoso telah mengklarifikasi dugaan sengaja dibakar tersebut kepada awak media.

"Terkait kebakaran di Pelabuhan Kijing kemarin, dari pemeriksaan kita itu berasal dari korsleting listrik, saksi ada yang melihat langsung itu dari korsleting listrik," ujarnya, Selasa (14/5/2019).

AKBP Didik mengatakan sudah melakukan serangkaian penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

Baca: PT WIKA Distributor Tunggal di Pontianak, Tawarkan Produk Water Heater Hemat Listrik

Baca: Direktur Operasi PT Wika Jatuh dari Jembatan Penyeberangan

"Jadi karyawan PT Wika sudah kita mintai keterangan, terkait cepatnya penyebaran api dikarenakan material bangunan yang berasal dari kayu dan triplek serta angin dari laut yang meniup kesitu," ujarnya.

Kapolres mengatakan bahwa pihak Kepolisian juga sempat menduga bahwa Mess PT Wika sengaja di bakar, "tapi setelah kami melakukan pemeriksaan, kita menemukan saksi yang melihat kejadian itu secara langsung," imbuhnya.

AKBP Didik mengungkapkan, saksi mata yang melihat pertama kali koseting listrik yang menghanguskan dua bangunan Mess PT Wika tersebut sempat berusaha mengambil APAR untuk memadamkan api.

"Dia melihat ada percikan api, kemudian mengambil APAR, dia semprot namun tidak mempan karena ada angin, jadi angin itulah yang membuat api cepat membesar," paparnya.

"Saya pastikan kebakaran di Mess PT Wika itu bukan dari kesengajaan orang, itu murni dari korsleting listrik," tegasnya. (Yak)

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved