Desa Sungai Raya Wakili Kubu Raya Ikut Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, mewakili Kabupaten Kubu Raya untuk dilakukan Penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi

Desa Sungai Raya Wakili Kubu Raya Ikut Lomba Desa Tingkat Provinsi
TRIBUNPONTIANAK/Bella
Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan saat memberi sambutan dalam penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi di Kantor Desa Sungai Raya, Selasa (14/5). 

Desa Sungai Raya Wakili Kubu Raya Ikut Lomba Desa Tingkat Provinsi

KUBU RAYA - Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya, mewakili Kabupaten Kubu Raya untuk dilakukan Penilaian lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2019, Selasa (14/5).

Acara yang dilaksanakan di Kantor Desa Sungai Raya itu, turut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan.

Camat Sungai Raya, Suhari menerangkan mereka sebelumnya telah mengikuti lomba Desa tingkat Kecamatan, hingga terpilihlah Desa Sungai Raya ini.

Tujuannya bukan hanya semata untuk menang tapi untuk membenahi administrasi pemerintahan desa.

“Lomba ini melibatkan kerjasama aparat desa dan juga pihak lainnya, termasuk tokoh masyarakat, sehingga tokoh masyarakat juga bisa ikut terlibat,” terangnya.

Baca: Muda Mahendrawan Optimis Desa Sungai Menang Wakili Kabupaten Kubu Raya di Tingkat Provinsi

Baca: Rasau Jaya Jadi Kecamatan Pertama Disambangi Pemkab Kubu Raya Safari Ramadan Tahun ini

Baca: Ini Syarat Konfirmasi Ulang Penerima Manfaat Jaminan Pensiun Berkala BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, keikutsertaan ini sebagai bukti bahwa desa Sungai Raya benar-benar sudah transparan, dimana Desa Sungai Raya merupakan satu diantara 28 Desa lainnya di Kabupaten Kubu Raya yabg telah mengikuti sistem non tunai.

“Semua kegiatan yang berkaitan dengan keuangan, masyarakat bisa lihat bahwa kegiatan apapun di Desa selalu dilakukan secara non tunai,” terangnya.

Selain itu, menurut Kepala Desa Sungai Raya, Khairil Anwar, Desa Sungai Raya berinovasi melalu kesehatan, yakni memiliki tempat pelayanan terpadu.

Pelayanan terpadu ini, fokus menangani masalah kesehatan alat reproduksi yang bekerjasama dengan dinas kesehatan.

Pos layanan terpadu ini dibentuk, menurut dia di Desa Sungai Raya membentuk pos pelayanan terpadu kesehatan alat reproduksi, mengingat penduduk Desa yang padat dengan tingkat kerawanan terhadap kesehatan alat reproduksi yang cukup tinggi.

“Maka untuk menekan angka gangguan terhadap alat reproduksi di Kubu Raya diadakannya pos layanan terpadu itu,” terangnya.

Anwar juga menyebut, desanya memiliki kompleksitas masalah yang mendekati kota, hal itu disebabkan karena secara geografis Desa Sungai Raya terletak di dekat kota.

Maka dari itu ia mendukung penilaian yang dilakukan tim penilai provinsi, agar pihaknya mengetahui apa saja yang harus diperbaiki dari kinerja pemerintahan di Desa Sungai Raya.

“Penilaian daripada tim penilai lomba desa adalah hal yang harus didukung bersama. Bukan untuk mencari kesempurnaan tapi bagaimana desa dapat memacu diri untuk mengembangkan dirinya sehingga bersama-sama kita bisa membangun desa, kabupaten, provinsi, dan Indonesia secara keseluruhan,” harapnya.

Penulis: Bella
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved