Tatap Muka dengan Berbagai Pihak, Polres Ketapang Launching Program Digital Melayani (DILAN)

Dalam rangka launching program Digital Melayani (Dilan), Polisi Resort (Polres) Kabupaten Ketapang menyelenggarakan tatap muka dengang Forkopimda

Tatap Muka dengan Berbagai Pihak, Polres Ketapang Launching Program Digital Melayani (DILAN)
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Nur Imam Satria
Suasana Launching program Dilan Polres Ketapang sekaligus buka puasa bersama yang digelar di Coffee Addict, Jln. Agus Salim, Delta Pawan Kabupaten Ketapang. Minggu (12/05). 

Tatap Muka dengan Berbagai Pihak, Polres Ketapang Launching Program Digital Melayani (DILAN)

KETAPANG - Dalam rangka launching program Digital Melayani (Dilan), Polisi Resort (Polres) Kabupaten Ketapang menyelenggarakan tatap muka dengang Forkopimda, Awak Media dan LSM yang digelar pada Minggu (12/05/2019) sore di Coffee Addict, Kecamatan Delta Pawan.

Acara yang dirangkai dengan buka puasa bersama tersebut dihadiri Kapolres Ketapang AKBP Yuri Nurhidayat SIK, Dandim 1203 Letkol Kav Jami’an, Sekretaris Daerah H Farhan SE Msi, Perwakilan Kemenag Ketapang dan seluruh pejabat Polres Ketapang.

Dalam sambutannya, Kapolres Ketapang, AKBP Yuri Nurhidayat memaparkan, dilaunchingnya program Dilan bertujuan untuk mempermudah akses pelayanan, sekaligus memberikan pelayanan secara cepat kepada masyarakat dengan konsep online.

“Program ini dilatarbelakangi atas keinginan melayani masyarakat secara baik dan cepat, serta untuk menuju Polres Ketapang membangun zona integritas,” ujar Yuri.

Kemudian dijelaskan Yuri, ada 10 layanan yang disediakan Polres Ketapang dalam program Dilan berbasis online tersebut.

Diantaranya surat bebas narkoba, laporan kehilangan, SIM, SKCK, laporan polisi, SP2HP, izin keramaian, pengawalan shabara, pengaduan masyarakat dan aplikasi panic button.

Lanjut Yuri, program tersebut adalah program registrasi secara cepat, dimana masyarakat dapat melakukan pendaftaran hanya dengan membuka Website Dilan Polres Ketapang atau melalui apklikasinya, baik menggunakan laptop, komputer maupun Handphone.

Baca: Alamat Kantor Asuransi Jasa Raharja Pontianak  

Baca: Ulama Muda Palestina Berkunjung ke Pontianak, Ini Pesannya Kepada Generasi Millenial

Baca: Ini Pesan Ulama Muda Palestina Kepada Generasi Millenial Saat Berkunjung ke Pontianak

“Dengan demikian, saat masyarakat datang ke Polres tidak perlu lagi registrasi, karena pengajuan sudah dapat diisi melalui program Dilan. Sehingga secara manual Polres hanya mencocokkan data saja untuk diproses, misalnya dalam pembuatan SIM,” paparnya.

“Sementara untuk panic button adalah aplikasi bantuan kepada masyarakat secara cepat apabila ada kejadian, caranya hanya dengan memencet panggilan polisi di aplikasi, dan secara otomatis terminitor dilayar khusus Polres terkait lokasi dan siapa yang memerlukan bantuan,” tambahnya.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat pihaknya juga akan segera melaunching program aplikasi Ketapang Smart City yang terkoneksi dengan CCTV secara live di beberapa titik jalan Ketapang. Tujuannya agar masyarakat dapat memantau secara langsung lalu lintas dan kondisi keamanan jalan di Ketapang.

“Saat ini kita sudah membangun 18 CCTV di Ketapang, termasuk dibeberapa titik jalan. Kita juga akan meminta dukungan ke instansi pemerintah untuk mendukung program ini,” ungkapnya.

Terakhir Yuri berharap, dengan dilaunchingnya program Dilan Polres Ketapang, dapat memperbaiki sistem pelayanan dan memberikan manfaat kepada masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat juga semakin meningkat khususnya pada instansi kepolisian.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved