Wali Kota Tekankan Keselamatan Mudik Lebaran, Dishub Bakal Razia Sopir Angkutan

Sudah semestinya setiap angkutan yang akan membawa penumpang harus memperhatikan keselamatan para penumpangnya.

Wali Kota Tekankan Keselamatan Mudik Lebaran, Dishub Bakal Razia Sopir Angkutan
TRIBUNPONTIANAK/NINA SORAYA
Tiga unit aramada New Damri tiba di Pelabuhan Dwikora Pontianak, Senin (24/12/2018). New Damri dengan kapasitas 34 penumpang ini akan melayani rute Pontianak-Brunei. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - Wali Kota (Wako) Pontianak, Edi R Kamtono meminta Dinas Perhubungan melakukan persiapan kepada seluruh moda transportasi menjelang mudik dan Angkutan Lebaran (Angleb) 2019. Untuk itu Wako pun mengimbau kepada seluruh stakeholder agar mempersiapkan angkutan lebaran 2019 dengan baik demi keselamatan dan kelancaran pada arus mudik dan balik.

“Sudah semestinya setiap angkutan yang akan membawa penumpang harus memperhatikan keselamatan para penumpangnya. Terlebih saat arus mudik lebaran nanti, intensitas penumpang akan meningkat dari hari-hari biasanya,” kata Edi R Kamtono, Minggu (12/5/2019)

Dia menjelaskan, pihaknya akan mendorong agar isu keselamatan menjadi isu yang dikemukakan pada penyelenggaraan angkutan lebaran tahun ini, selain tetap memperhatikan kelancaran arus mudik.

Baca: Daftar Pemain Barito Putera di Liga 1 2019! Jacksen Tiago Andalkan Evan Dimas Darmono & Samsul Arif?

Baca: FOTO: Edi Kamtono Serahkan Bingkisan Pada Anak Yatim Piatu

Wako juga meminta setiap angkutan baik darat maupun sungai memperhatikan keselamatan penumpang. Keselamatan angkutan tentu didukung oleh faktor kesiapan atau kelayakan dari kendaraan itu sendiri maupun supir atau yang menahkodainya.

"Untuk kendaraan yang akan mengangkut masyarakat saat mudik, harus diperiksa kelayakannya," ucap Edi.

Selain itu, Edi mengingatkan ada rencana tes narkoba yang akan dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Pontianak dan itu memang setiap tahunnya dilakukan guna mencegah terjadinya human error akibat penyalahgunaan narkoba.

Untuk itu Wako Edi Rusdi Kamtono mengimbau pada masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran harus berhati-hati dan memastikan rumah yang di tinggalkan dalam kondisi aman dan sebaiknya ada pesan pada tetangga untuk mengawasi.

Tak kalah penting, Edi sekali lagi meminta seluruh angkutan dan transportasi yang digunakan harus dalam kondisi yang baik. Kendaraan pribadi maupun angkutan masal diharus dalam kondisi siap dan perlengkapan juga harus disediakan.

"Baik kendaraan pribadi maupun angkutan umum harus diperhatikan untuk menjaga keselamatan," ucap Edi Kamtono.

Halaman
123
Penulis: Syahroni
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved