Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Isya, Dapat Pahala yang Sangat Besar

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Isya masih sama dengan Cara Mengerjakan Sholat-Sholat lainnya

Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Isya, Dapat Pahala yang Sangat Besar
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Jamaah bersiap sholat Isya di penghujung bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Rabu (7/8/2013). Bulan Ramadhan dipergunakan sebaik-baiknya oleh umat Islam untuk mencari pahala, antara lain dengan membaca Al Quran, beriktikaf, dan shalat tarawih. (Kompas/Agus Susanto) 

Tata Cara dan Niat Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Isya, Dapat Pahala yang Sangat Besar

SHOLAT SUNNAH - Sholat Rawatib adalah Sholat Sunnah yang dikerjakan sesudah dan sebelum mengerjakan suatu sholat wajib atau Fardhu yang dilakukan bisa dengan jumlah Raka’at 2 atau 4 Raka’at.

Kemudian untuk Sholat Sunah Rawatib sendiri dibagi menjadi dua yaitu Sholat Sunah Rawatib Qabliyah (Sholat Yang Dilakukan Sebelum Sholat Wajib) dan Sholat Sunah Rawatib Ba’diyah yaitu Sholat yang dikerjakan sesudah Sholat Wajib.

Berarti Sholat Sunnah Sebelum Sholat Isya bisa dikatakan masuk kedalam kategori Sholat Rawatib Qabliyah dan untuk Jumlah Rakaat Sholat Rawatib Sebelum Sholat Isya ini ialah 2 (dua) Raka’at dengan 1 (satu) salam.

Baca: Ustadz Abdul Somad Ungkap Hukum Sholat Menggunakan Parfum Mengandung Alkohol

Kemudian untuk Cara Mengerjakan Shalat Sunnah Rawatib Sebelum Isya masih sama dengan Cara Mengerjakan Sholat-Sholat lainnya yang diawali dengan Niat Shalat serta diakhiri dengan salam.

Namun perlu dipahami oleh anda sekalian bahwa yang terpenting ialah Shalat Wajibnya dulu kalau Sholat Rawatib itu Sunnah tetapi Sunnah yang menguntungkan tergantung keniatan anda saja.

Sedangkan untuk Hukum Mengerjakan Sholat Sunah Rawatib Sebelum Isya ini ialah Sunah Ghairu Muakkad yang mempunyai artian memiliki keistimewaan sangat besar.

Jika dikerjakan maka akan mendapatkan pahala yang sangat besar karena Keutamaan Sholat Sebelum Isya ini sudah disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw yang berbunyi,

”Akan dibangun atau dibuatkan rumah di surga untuknya jika mereka Sholat dalam sehari semalam dua belas rakaat yaitu 4 rakaat sebelum dhuhur dan 2 rakaat sesudahnya.

Dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah isya dan dua Raka’at sebelum Subuh ”.

 

Bacaan niat shalat sunnah rawatib sebelum isya 

Terjemaahan Niat Sholat Rawatib Sebelum Sholat Isya,” USHALLI SUNNATAZH ISYAA-I RAK’ATAINI QABLIYYATAN LILLAAHI .TA’AALAA ”’. dan Artian Niat Sholat Sunnah Sebelum Isya, ” Saya Niat Sholat Sunah sebelum Isya 2 (dua) raka’at karena Alloh Ta’ala ”.

Baca: Jadwal Imsak Tangerang Banten Ramadhan 2019 dan Waktu Buka Puasa Ramadhan 1440 H Hari Ini

Baca: JADWAL Sholat Isya Lengkap Selama Ramadhan 6 Mei-4 Juni 2019

Kemudian untuk Cara Sholat Sunnah Rawatib Sebelum Isya sendiri baik Gerakan Sholat dan Doa–Doa di dalam Sholat-nya masih sama dengan sholat–sholat lainnya hanya saja terdapat perbedaan di dalam Niat Sholat.

Dikerjakan tidak boleh berjamaah.

Tidak dibarengi dengan Adzan dan Iqamah, Bacaan Suratanya tidak dinyaringkan dan diutamakan tempat mengerjakan pindah bergeser sedikit dari tempat shalat fardhu. (*)

Penulis: Marlen Sitinjak
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved