Buron Sejak Awal Tahun, Akhirnya Perampas HP di Pontianak Ini Terciduk Juga

Kapolsek mengatakan atas perbuatannya tersangka akan dikenai dengan pasal Pencurian, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 Sub Pasal 362 KUHP.

Buron Sejak Awal Tahun, Akhirnya Perampas HP di Pontianak Ini Terciduk Juga
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kedua Tersangka BC dan AS yang diamankan oleh Polsek Barat dalam kasus perampasan hp, beberapa waktu lalu 

Buron Sejak Awal Tahun, Akhirnya Perampas HP di Pontianak Ini Terciduk Juga

PONTIANAK - Polsek Pontianak Barat telah mengamankan 2 orang pemuda berinisal BC (33) dan AS (24) atas tindak pidana pencurian dan perbuatan pertolongan jahat, Jumat (10/5/2019).

BC di amankan atas tindak pidana pencurian, sedangkan AS diamankan atas tindak pidana pertolongan perbuatan jahatnya (penadah).

Kapolsek Pontianak Barat Kompol Abdullah menerangkan bahwa kejadian ini bermula pada 11 Januari 2019, dimana ada seorang laki-laki yang tidak dikenal masuk kedalam rumah korban yang berada di kecamatan Pontianak Barat, dengan awal mulanya berpura-pura hendak belanja kemudian salah seorang pelaku langsung mengambil kedua handphone yang ada ditangan anak korban.

Baca: Tersangka JI Diamankan Reskrim Polsek Pontianak Timur Terkait Laporan Pencurian HP

Baca: Warga Tangkap Pelaku Pencurian HP di Rumah Kost

Setelah berhasil mengambil handphone tersebut kedua pelaku langsung melarikan diri dan kedua anak korban berteriak memberitahu korban, mengetahui hal tersebut korban sempat mencari keberadaan pelaku namun korban kehilangan jejak pelaku. Atas kejadian ini korban mengalami kerugian sebesar Rp 8.200.000,- (delapan juta dua ratus ribu rupiah) dan melaporkannya ke kantor Polsek Pontianak Barat untuk diproses lebih lanjut.

Selanjutnya, anggota reskrim polsek pontianak barat melakukan penyelidikan dan penyidikan dengan mengumpulkan keterangan dari saksi dan korban.

Polsek Barat pun kemudian melakukan koordinasi dengan jatanras polresta pontianak kota terkait pencurian yang ada di wilayah hukum polsek pontianak barat, dan mendapati informasi bahwa BC lah yang melakukan pencurian, sedangkan AS merupakan orang yang dimintai tolong oleh BC untuk menjualkan HP curiannya.

Selanjutnya, Pada hari Senin tanggal 06 Mei 2019 anggota pun mendapatkan informasi melalui informan jika AS akan menemui seorang temannya di sebuah hotel yang berada di Jalan Merdeka Kecamatan Pontianak Kota, maka anggota reskrim polsek Pontianak Barat melakukan pengintaian di sekitar tkp hotel tersebut.

Baca: Akui Perbuatannya, Ini Kronologi Penangkapan Pelaku Pencurian Hp di Siantan

Baca: Pelaku Pencurian HP Dibekuk Polisi, Begini Modus Sebelum Melancarkan Aksinya

Setelah mengetahui posisi AS akan masuk ke dalam hotel anggota reskrim polsek pontianak barat langsung melakukan penangkapan terhadap AS, kemudian membawanya ke Kantor Polsek Pontianak Barat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Setelah dilakukan pemeriksaan diketahui jika handphone milik korban tersebut ia dapat dari seorang temannya yang berinisal BC yang dimana BC meminta AS untuk membantunya menjualkan handphone tersebut.

Mengetahui jika BC yang awal menguasai handphone milik korban maka anggota reskrim Polsek Pontianak Barat segera membawa AS untuk menunjukkan dan memberitahu keberadaan BC.

Baca: FOTO: AT, Residivis Pencurian Kendaraan Bermotor di Pontianak Dihadiahi Timah Panas

Setelah mengetahui keberadaan BC saat itu anggota langsung melakukan penangkapan terhadap BC dan membawanya ke Kantor Polsek Pontianak Barat untuk dilakukan pemeriksaan.

"Kedua tersangka ini diamankan atas tindak pidana kasus pencurian, yang mana BC yang melakukan tindak pidana pencurian, lalu dia meminta bantuan kepada AS untuk menjualkan hp ini,"ujarnya

Kapolsek mengatakan atas perbuatannya tersangka akan dikenai dengan pasal Pencurian, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 365 Sub Pasal 362 KUHP.

Penulis: Ferryanto
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved