Tak Hanya Pastikan Stok, Herman Hofi Minta Pemkot Pontianak Tekan Harga Sembako

"Kita tidak boleh hanya bicara mengenai stok cukup untuk bebebetapa bulan kadepan, stok daging kita cukup, stok ayam cukup.

Tak Hanya Pastikan Stok, Herman Hofi Minta Pemkot Pontianak Tekan Harga Sembako
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Herman Hofi 

Tak Hanya Pastikan Stok, Herman Hofi Minta Pemkot Pontianak Tekan Harga Sembako

PONTIANAK - Anggota DPRD Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar mengingatkan baik pada Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan maupun Dinas Ketahanan Pangan, Peternakan dan Perikanan untuk menghitung betul betul kalkulasi kebutuhan sembako maupun daging sapi, ayam dan telur dalam menghadapi Idulfitri 1440 H.

Baik Diskumdag maupun Dinas Ketahanan Pangan menyebutkan bahwa stok sembako maupun daging sudah mencukupi, namun menurutnya ini bukan persoalan cukup atau tidak cukupnya, tetapi ketika harga barang naik sampai diatas 10 persen maka menandakan ada yang tidak beres dipasar.

"Kita tidak boleh hanya bicara mengenai stok cukup untuk bebebetapa bulan kadepan, stok daging kita cukup, stok ayam cukup. Ini harus ada kalkulasi serius dan benar, ajak para pelaku usaha komunikasi dan dipastikan stok betul dan tidak ada kenaikan harga," ucap Herman Hofi saat diwawancarai, Jumat (10/5/2019).

Baca: Hampir Tuntas 100%, Hasil Sementara Pilpres 2019 di Kalbar Versi Situng KPU! Suara Capai 2,8 Juta

Baca: Inilah Deretan Seleb Muslim Korea Selatan yang Ikut Merayakan Ramadhan Tahun Ini

Baca: LENGKAP! Jadwal Liga 1 2019 Pekan Pertama - PSS Sleman Vs Arema FC Laga Pembuka, Persib & Persija?

Apabila berbicara stok ayam, daging sapi, ikan, telur dan pangan lainnya cukup, tapi harganya melambung maka menurutnya sama saja.

Jadi yang dipastikan bukan berarti cukup memenuhi kebutuhan masyarakat saja, tapi harga juga harus diperhatikan.

"Kita berharap, Diskumdag dan Dinas Ketahanan Pangan ajak para pelaku usaha berdiskusi sehingga betul-betul diketahui stok pangan yang tersedia ini berapa konkretnya,"tambah Herman Hofi.

Kemudian persentasi kenaikan harga berapa persen, harus diperhitungkan juga. Apabila dibawah 10 persen maka masih bisa ditoleransi namun diatas 10 persen maka ada sesuatu yang terjadi dipasaran.

Selain itu, Pontianak adalah kota pengumpan, ibu kota provinsi, khususnya kabupaten terdekat Mempawah maupun Kubu Raya banyak warganya berbelanja di Kota Pontianak.

Artinya stok pangan yang ada harus betul-betul menanggung kabupaten terdekat, maka kalkulasi bukan hanya penduduk Kota Pontianak.

"Menjelang lebaran ini, konsumsi ayam, daging sapi dan telor pasti meningkat sedangkan Pontianak tidak ada produksi secara khusus maka harus diketahui betul stok dan alokasi pangan yang ada jangan sampai harganya melonjak dan memberatkan warga kita," tegasnya.

Penulis: Syahroni
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved