Jelang Tes Calon Taruna STTD, Dishub Gelar Simulasi CAT di BKPSDM Landak

Sebelum memulai simulasi tersebut, para peserta terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh Kepala Dishub Landak Ependi.

Jelang Tes Calon Taruna STTD, Dishub Gelar Simulasi CAT di BKPSDM Landak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Pelaksanaan simulasi CAT calon Taruna STTD di Landak, beberapa waktu lalu 

Jelang Tes Calon Taruna STTD, Dishub Gelar Simulasi CAT di BKPSDM Landak

LANDAK - Untuk mempersiapkan calon taruna Sekolah Tinggi Transportasi Darat ?STTD), Dinas Perhubungan (Dishub) Landak menggelar simulasi tes menggunakan Computerized Assisted Test (CAT) bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi pendaftaran pada April lalu.

Pelaksanaan simulasi CAT ini digelar di gedung Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Landak pada Kamis (9/5/2019).

Sebelum memulai simulasi tersebut, para peserta terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh Kepala Dishub Landak Ependi.

Dalam arahannya, Ependi menyampaikan bahwa peserta yang dinyatakan lolos seleksi tersebut merupakan putra-putri asal Kabupaten Landak yang perlu dipersiapkan dengan sebaik mungkin guna menjaring lebih banyak peserta yang lulus.

Baca: Juara Umum Naik Dango ke 34 di Landak, Kontingen Ngabang Gelar Syukuran dan Pembubaran Panitia

Baca: Sat Lantas Polres Landak Atur Lalin Saat Penebangan Pohon oleh Dinas Kebersihan

"Sebagai peserta terpilih, kami sangat menginginkan supaya banyak peserta yang lolos tes CAT, mengingat dalam waktu dekat tes ini pelaksanaanya berada di gedung UPT (Unit Pelaksana Teknis) Kantor Regional V BKN di Pontianak. Maka kita mengadakan terlebih dahulu simulasi dalam bentuk tes CAT dengan tujuan supaya banyak peserta yang lulus seleksi," jelas Ependi.

Selain itu Ependi juga membeberkan, menjelang tes calon taruna STTD yang akan dilaksanakan tanggal 15-19 Mei tersebut,  hanya Kabupaten Landak yang memberikan simulasi CAT bagi pesertanya.

"Simulasi CAT ini bertujuan memberikan beberapa pemahaman dan wawasan terkait mengikuti tes, dan perlu diketahui yang memberikan simulasi dalam mempersiapkan peserta ini hanya kita (Landak), sementara kabupaten lain tidak," ujar Ependi.

Sementara itu Sekretaris BKPSDM, Ahian menyampaikan saat pengarahan bahwa simulasi CAT ini tidak jauh berbeda dengan milik UPT Kanreg V BKN di Pontianak, mengingat contoh soal yang ada di CAT BKPSDM Landak merupakan contoh dari BKN pusat.

Baca: Bulan Ramadan Bupati Landak Keluarkan Surat Edaran, Ini Isinya

Baca: Cegah Rabies, Pemkab Landak Beri Vaksin Gratis untuk Hewan Peliharaan

"Contoh soal dalam Simulasi CAT BKPSDM ini bukan merupakan bagian dari soal yang akan dipakai untuk tes nanti, tetapi contoh ini tidak jauh berbeda mengingat sumber soal adalah BKN pusat," ujar Ahian.

"Selain itu tujuan simulasi ini supaya peserta siap dalam menghadapi tes yang akan segera dilaksanakan dan yang paling penting perbanyak belajar dirumah," sambungnya.

Untuk penerimaan calon taruna STTD ini, peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan pendaftaran sejumlah 116 orang. Sementara yang mengikuti simulasi CAT hanya 90 orang dikarenakan ada sebagian peserta yang sedang kuliah pada saat jadwal simulasi dilaksanakan. (alf)

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved