Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Desa Binaan

Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Brigadir Enggry menyambangi warga binaannya di desa Belitang Dua Kecamatan Belitang

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Brigadir Enggry menyambangi warga binaannya di desa Belitang Dua Kecamatan Belitang, Jumat (10/5/2019) pagi. 

Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Sosialisasikan Pencegahan Karhutla di Desa Binaan

SEKADAU - Bhabinkamtibmas Polsek Belitang Brigadir Enggry menyambangi warga binaannya di desa Belitang Dua Kecamatan Belitang, Jumat (10/5/2019) pagi. Dimana pertengahan tahun 2019 memasuki musim kemarau tetapi tidak menyurutkan semangat bagi warga pada umumnya untuk melakukan aktivitas sehari-hari bercocok tanam jenis padi.

"Masyarakat tentunya menganggap hal tersebut sebagai mata pencarian dan ladang usaha dan sebagai langkah awal mereka akan melakukan penebangan kayu disertai pembakaran hutan dan lahan (karhutla)," ujar Brigadir Enggry.

Baca: Peroleh Suara Terbanyak Ketiga di Ketapang, Gerindra Raih Enam Kursi

Baca: Safari Ramadan Wadah Silahturahmi Pemerintah Daerah ke Masyarakat

Baca: Wakil Bupati Sekadau Aloysius Laksanakan Safari Ramadan ke Batu Pahat untuk Kali Kedua

Karena itu ia mendatangi langsung warganya dan berharap agar imbauan yang disampaikan dapat dipahami dan dimengerti oleh warga untuk tidak melakukan pembakaran karena dapat menimbulkan kabut asap.

"Salah satunya akibat asap dari hasil pembakaran lahan dapat menimbulkan kerugian dari berbagai sektor diantaranya dari segi kesehatan, asap yang keluar dari pembakaran dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA)," tutur Brigadir Enggry.

Tidak hanya itu asap juga dapat mengganggu arus transportasi karena kabut asap yang keluar menjadi kendala dalam mengendarai kendaraan. Hal ini dikarenakan terbatasnya jarang pandang pengemudi dan dapat menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

"Pihak Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan dari hal tersebut dan bekerjasama dengan berbagai pihak," pungkasnya.

Penulis: Try Juliansyah
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved