Dishub Masih Temukan Tronton Tanpa Kunci Kontainer

Sejumlah angkutan umum yang melintas di Jalan Rahadi Usman diperiksa oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak

Dishub Masih Temukan Tronton Tanpa Kunci Kontainer
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pemeriksaan angkutan oleh Satlantas Polresta dan Dishub Pontianak. 

Citizen reporter
Humas Pemkot Pontianak
Jimmy Ibrahim

Dishub Masih Temukan Tronton Tanpa Kunci Kontainer

PONTIANAK - Sejumlah angkutan umum yang melintas di Jalan Rahadi Usman diperiksa oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pontianak dan Satlantas Polresta Pontianak, Rabu (8/5).

Berbagai jenis kendaraan, mulai dari pick up, truk hingga tronton diperiksa kelengkapan surat-menyurat maupun kelayakan kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan, penertiban ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kendaraan.

Sejumlah 15 kendaraan yang ditilang pihaknya saat razia digelar mulai pukul 07.30 WIB. Dari sejumlah kendaraan yang terjaring razia, ditemukan kendaraan yang membawa kontainer tanpa kunci pengaman kontainer.

Baca: Sahabat Al-Quran Kartika Sanga Kalbar Akan Gelar MTQ se-Kalbar

Baca: Daya Juang Siswa dari Keluarga Ekonomi Lemah

Baca: BMKG Prediksi Kayong Utara dan Ketapang Diguyur Hujan Lokal Siang Ini

"Karena sudah beberapa kali kejadian terutama kendaraan yang mengangkut kontainer, tidak menggunakan twist locked atau kunci pengaman kontainer," ungkapnya.

Terhadap kendaraan itu, lanjut Utin, pihaknya melakukan penilangan. Selain menilang, kendaraan itu juga tidak diperkenankan melanjutkan perjalanan dan harus kembali lagi ke pangkalan asalnya. Hal itu dilakukannya supaya si pengendara menyadari pentingnya twist locked bagi keamanan pengguna jalan lainnya.

"Tatkala kendaraan tersebut naik tanjakan atau jembatan tol, itu sangat berbahaya karena kontainer yang dibawanya bisa jatuh dan membahayakan pengguna kendaraan lainnya," jelasnya.

Tak hanya kelengkapan, kendaraan yang berubah bentuknya dan tidak sesuai dengan STNK dan KIR juga menjadi sasaran penertiban. Utin mengimbau agar pemilik kendaraan segera mengurus surat-menyuratnya sesuai dengan perubahan yang dilakukan terhadap kendaraan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Syahroni
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved