Breaking News:

Pilpres 2019

Cuitan Andi Arief Soal Tim Pencari Fakta & Desakan Haris Azhar! Prabowo Minta Visum, Analisa Menkes?

Isu pembentukan tim pencari fakta memang sempat jadi "bola panas" pasca Pilpres 2019.

Penulis: Rizky Prabowo Rahino | Editor: Rizky Prabowo Rahino
KOMPAS.com/DOK RIZAL
Irsan, anggota KPPS di Kabupaten Magetan yang meninggal diduga mengalami kelelahan dalam melaksanakan kegiatan Pemilu 2019, dimakamkan hari ini. (KOMPAS.com/DOK RIZAL) 

Cuitan Andi Arief Soal Tim Pencari Fakta & Desakan Haris Azhar! Prabowo Minta Visum, Analisa Menkes?

Politisi Demokrat Andi Arief menegaskan ide pembentukan tim pencari fakta kecurangan Pemilu datang dari diskusi beberapa kader Demokrat.

Ide pembentukan tim pencari fakta kecurangan Pemilu itu, sambung dia, disampaikan kader Demokrat ke petinggi Partai Gerindra sekitar tiga hari setelah Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. 

Tidak hanya soal tim pencari fakta, kata Andi Arief, termasuk juga meminta visum atas korban petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). 

"Ide pembentukan tim pencari fakta kecurangan Pemilu datang dari diskusi beberapa kader Demokrat yang disampaikan ke petinggi Partai Gerindra persis 3 hari setelah Pilpres. Termasuk meminta visum atas korban petugas KPPS," cuit Andi Arief

Isu pembentukan tim pencari fakta memang sempat jadi "bola panas" pasca Pilpres 2019. Hingga kini, isu itu masih jadi pembahasan lantaran sikap pro dan kontra. 

Direktur Kantor Hukum dan HAM Lokataru, Haris Azhar, mendesak agar dibentuk Tim Pencari Fakta (TPF) terkait pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Ia menuturkan, tim investigasi pemilu diperlukan untuk mencari tahu penyebab banyaknya pelanggaran di pemilu 2019.

Pemilu ini penuh problem, beban yang diberikan kepada anggota KPPS, kemudian menghasilkan situasi buruk. Untuk itu penting TPF," ujar Haris dikutip dari Tribun Manado

Haris melanjutkan, TPF pemilu 2019 akan beranggotakan orang-orang dari KPU, Komnas HAM, maupun Ombudsman. "Penting TPF ini untuk menunjukan bahwa negara bertanggungjawab," ujar Haris.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved