Pemilu 2019

Deni Nuliadi: Penetapan Calon Terpilih Tunggu KPU RI dan MK

Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menungkapkan jika penetapan calon DPRD Pontianak terpilih nantinya menunggu KPU RI dan MK.

Deni Nuliadi: Penetapan Calon Terpilih Tunggu KPU RI dan MK
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi 

Deni Nuliadi: Penetapan Calon Terpilih Tunggu KPU RI dan MK

PONTIANAK - Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menungkapkan jika penetapan calon DPRD Pontianak terpilih nantinya menunggu KPU RI dan MK.

Ia pun mengatakan, untuk penghitungan perolehan kursi menggunakan sainte lague murni.

"Sekarang kita hanya melakukan rekapitulasi dan menetapkan perolehan suara DPRD Kota, tapi belum sampai menetapkan perolehan kursi apalagi calon terpilih," tuturnya, Rabu (08/05/2019).

Diterangkannya, untuk menetapkan perolehan kursi dari caleg terpilih akan dilaksanakan setelah putusan KPU RI secara nasional, kemudian setelah itu bisa jadi akan ada perselisihan hasil pemilu ke Mahkamah Konstitusi.

Baca: Berikut Ini 3 Film Horor Lokal di Bulan Mei 2019, Seram

Baca: Hadiri Kegiataan O2SN dan FLS2N, Atbah: Usia Belia, Adalah Usia Prestasi

Baca: Selama Ramadan, Mercure Pontianak Sajikan 200 Menu “Kajian Warisan”  

"Tiga hari setelah penetapan nasional oleh KPU RI kita lihat apakah kita ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi atau tidak, kalau tidak maka bisa menetapkan perolehan kursi dan calon terpilih, namun jika ada kita akan menunggu selesai setelah putusan Mahkamah Konstitusi baru menetapan perolehan kursi dan calon terpilih," terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya pula, jika untuk KPU Pontianak hanya menetapkan DPRD Kota Pontianak.

"Untuk DPRD Kota Pontianak ditetapkan oleh KPU Pontianak, untuk tanggal menunggu putusan Mahkamah Konstitusi apabila ada perselisihan hasil pemilu. Kita juga menunggu penetapan nasional dari KPU RI, setelah penetapan nasional baru akan dilihat ada perselisihan hasik pemilu atau tidak," pungkasnya

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved