Pemilu 2019

Kirim Dokumen ke Provinsi, Ketua KPU: Ada Riak-riak Itu Biasa Untuk Mengekspresikan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Landak secara resmi mengirim dokumen hasil pleno tingkat Kabupaten ke KPU Provinsi

Kirim Dokumen ke Provinsi, Ketua KPU: Ada Riak-riak Itu Biasa Untuk Mengekspresikan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ALFON PARDOSI
Ketua KPU Landak, Herculanus Yacobus 

Kirim Dokumen ke Provinsi, Ketua KPU: Ada Riak-riak Itu Biasa Untuk Mengekspresikan

LANDAK - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Landak secara resmi mengirim dokumen hasil pleno tingkat Kabupaten ke KPU Provinsi pada Selasa (7/5/2019) pagi.

Sebelumnya, KPU Landak telah menyelesaikan pleno pada Minggu (5/5/2019) malam. Dimana proses pleno sudah berlangsung sejak tiga hari sebelumnya yakni pada Jumat (3/5/2019).

"Iya hari ini kita proses pengantaran dokumen ke Provinsi, dokumen hasil rekap di tingkat Kabupaten, sekaligus untuk di plenokan di Provinsi," ujar Ketua KPU Landak Herculanus Yacobus ditemui Tribun pada Selasa (7/5/2019).

Dijelaskan Yacobus, karena sejak hari ini KPU Provinsi mulai pleno. "Cuma plenonyakan simultan, artinya siapa Kabupaten yang siap dia pleno dulu. Kalau kita inikan sudah siap, cuma belum sampai ke sana," katanya.

Baca: Dinas Kesehatan Lakukan Pemeriksaan Zat Berbahaya di Pasar Juadah Ramadan

Baca: Update Hasil Pileg DPRD Provinsi Kalbar, Gerindra Kejar Golkar, Demokrat Mengekor, PDIP Sendirian

Baca: Data 571.889 TPS Masuk Situng KPU Pilpres 2019, Jokowi Raup 60 Juta, Prabowo 47 Juta

Diakuinya, pleno yang berlangsung selama tiga hari di DPRD Landak tersebut berjalan, lancar, tertib, dan aman.

"Kalau ada riak-riak itu ya biasalah. Karena masing-masing orang mengekspresikan kekecewaan, mungkin bagi yang merasa dirinya sudah kalah, itukan dilampiaskan dengan bermacam cara," jelasnya.

Namun pihaknya memberikan apresiasi, karena telah mengekspresikan kekecewaan itu masih dalam batasan-batasan yang wajar.

"Kalau mereka kemarin ada ramai-ramai kumpul ada orasi, itu sah-sah saja. Hanya jamnya saja yang tidak pas, pada malam hari. Tapi kan sebagian besar mereka menggunakan saluran prosedur yang ada, yakni melalui Bawaslu," ucapnya.

Begitu juga untuk yang sudah ada keputusan Bawaslu, pihaknya sudah mengakomodir. "Untuk yang sudah diproses dan sudah di sidang oleh Bawaslu, kita sudah akomodir," sebutnya.

Terkait dengan hasil nama-nama Caleg akan duduk di DPRD Landak periode 2019-2024, ia menyatakan belum bisa menyebutkan. Sebab penentuannya setelah melalui metode hitung yang telah ditetapkan.

"Kita masih sebatas mengumumkan saja hasil perolehan suara para Caleg. Karena final penetapan kursi terpilih belum, karena masih menunggu apakah nanti ada Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) yang diajukan ke MK," tutupnya (alf).

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved