Atbah Hadiri Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Jawai

Atbah Romin Suhaili menghadiri kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Jawai.

Atbah Hadiri Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Jawai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M Wawan Gunawan
Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili s 

Atbah Hadiri Pelatihan Peningkatan Kapasitas BPD Jawai

SAMBAS,- Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menghadiri kegiatan pelatihan peningkatan Kapasitas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Jawai.

Sebagaimana diketahui, BPD merupakan lembaga di Desa yang menjalankan fungsi pengawasan di pemerintah Desa. Lembaga ini mempunya fungsi menyampaikan aspirasi masyarakat.

Adapun fungsi lainnya adalah membahas dan menyepakati rancangan peraturan Desa bersama kepala desa dan mengawasi kinerja Kepala Desa, Selasa (7/5/2019).

Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengapresiasi gelaran pelatihan bagi Anggota BPD se-Kecamatan Jawai di Hotel Sambas beberapa waktu lalu.

Baca: Segera Rilis Lagu Terbaru, Nissa Sabyan Unggah Video Rekaman Bareng Adam Ali Musisi Asal Lebanon

Baca: Polisi Tembak Mati Bandar Narkoba Jaringan Lintas Provinsi, Polisi Menyamar Sebagai Pembeli

Baca: Kyuhyun Suju Hari Ini Bebas dari Wajib Militer, Member Super Junior Sambut Kembalinya Sang Maknae!

Dikatakan Atbah, pelatihan tersebut memiliki makna strategis dalam menyukseskan pemerintahan Desa.

“Pelatihan ini nantinya harus memiliki dampak positif pada peningkatan pemahaman kedudukan BPD sesuai Undang-undang nomor 6 tahun 2014 beserta turunannya yaitu permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang BPD dan Perda Kab Sambas nomor 5 Tahun 2018 tentang BPD,” ujarnya.

Ia menegaskan, dengan kuatnya kemampuan SDM Anggota BPD, maka nantinya bisa mewarnai perencanaan Desa yang matang dan maju.

Untuk itu, Atbah meminta, mulai dari penyusunan RKP Desa hingga masalah administrasi di Desa, semakin terbantu dengan adanya BPD yang memiliki kapasitas dan kapabilitas yang baik.

“Karenanya, pelatihan ini begitu strategis. Harapan kita, SDM Anggota BPD-BPD kita menjadi lebih baik. Kontribusi mereka untuk pembangunan desa semakin tegas,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Atbah juga
mengingatkan, akan pentingnya menjaga hubungan harmonis antara Pemerintah Desa dalam hal ini Kepala Desa dengan BPD harus dijaga dengan baik.

Atbah meminta agar fungsi komunikasi, koordinasi dan sinergitas antara kepala desa dan anggota BPD termasuk dengan masyarakatnya harus ditingkatkan.

“Karena Kepala Desa dan Anggota BPD adalah bagian dari pemerintahan Desa. Harus mempunyai visi pembangunan yang sama membangun Desa,” tutup Atbah.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved