Puluhan Pemuda Komunitas Senyum Desa Lakukan Pengabdian di Sungai Ambawang

Komunitas Senyum Desa Koordinator Wilayah Kalimantan Barat melaksanakan pengabdian di Dusun Sakura

Puluhan Pemuda Komunitas Senyum Desa Lakukan Pengabdian di Sungai Ambawang
IST
Komunitas Senyum Desa Koordinator Wilayah Kalimantan Barat melaksanakan pengabdian di Dusun Sakura, Desa Lingga, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya selama empat hari mulai dari tanggal 1-4 Mei 2019. 

Citizen Reporter
Abdul Khofid
Relawan Senyum Desa Wilayah Kalbar

KUBU RAYA - Komunitas Senyum Desa Koordinator Wilayah Kalimantan Barat melaksanakan pengabdian di Dusun Sakura, Desa Lingga, Kecamatan Sungai Ambawang, Kubu Raya selama empat hari mulai dari tanggal 1-4 Mei 2019.

Kegiatan tersebut dilaksanakan guna bentuk kepedulian terhadap pendidikan, kesehatan, dan kondisi sosial masyarakat pedesaan. Acara tersebut mengusung tema 'Langkah Kecil Membangun Negeri'.

Peserta pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Senyum Desa diikuti oleh puluhan pemuda dari berbagai daerah di Indonesia, di antaranya Surabaya, Kediri, dan berbagai daerah di Kalimantan Barat.

Baca: LIVE STREAMING Babak II Persija Vs Bali United Semifinal Piala Indonesia, Babak Pertama Mandul Gol

Kondisi pendidikan di Dusun Sakura belum sepenuhnya disentuh oleh pihak penyelenggara pendidikan, mulai dari perguruan tinggi sampai pemerintah yang bersangkutan.

Para pemuda Dusun Sakura lebih memilih bekerja, mulai dari mencari kayu ke hutan sampai merantau ke luar negeri dari pada melanjutkan pendidikannya.

Selain itu kekurangan tenaga pengajar juga terjadi di SDN 38 Sungai Ambawang yang terletak di Dusun Sakura. Hanya ada lima tenaga pengajar yang tidak bisa memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar.

"Sekolah kami, SDN 38 hanya memiliki lima guru, tiga guru Pegawai Negeri dan dua guru honorer jadi kurang efektif dalam kegiatan belajar mengajar," ungkap Kepala SDN 38 Sungai Ambawang, Eva saat memberikan sambutan pada acara perpisahan di SDN 38.

Baca: Petugas Cargo Supadio Gagalkan Kardus Berisi Satu ‎Kantong Berisi Narkoba

Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada Senyum Desa yang telah sudi mengabdikan diri di SDN 38 Sungai Ambawang, dan membantu kegiatan belajar mengajar.

"Kami keluarga besar SDN 38 Sungai Ambawang mengucapkan terima kasih kepada kakak-kakak dari Senyum Desa dalam pengabdiannya di sekolah kami, dan selamat mengabdi di tempat-tempat yang lain," ungkapnya.

Eva juga berharap agar kegiatan pengabdian yang dilaksanakan oleh Senyum Desa di SDN 38 Sungai Ambawang tidak selesai sampai di sini saja, dan dapat berlanjut kedepannya.

Founder Senyum Desa, Abdul Rozak berharap agar anak-anak yang sekolah di SDN 38 dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, bahkan sampai bangku kuliah.

"Semoga 10 tahun ke depan adik-adik SDN 38 Sungai Ambawang ketika kami kembali ke sini telah memakai almamater perguruan tinggi, untuk mengabdi di SDN 38 ini di Kampung ini agar dapat membanggakan para guru dan orang tua," harapnya.

Baca: Ragam Varian Kopi Khas Kayong Utara di Pondok Kopi Sukadana

Ia juga berharap kampung yang belum pernah disentuh oleh penyelenggara pendidikan ini ke depannya bisa lebih baik, dan melahirkan generasi muda yang produktif untuk Indonesia.

"Semoga kampung ini yang dulunya tidak pernah didatangi oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, selesai Senyum Desa dari sini adik-adik bisa menjadi mahasiswa dan membangun kampung Sakura ini," ungkapnya.

Penulis: Haryanto
Editor: Haryanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved