Deni Targetkan Selesaikan Pleno Rekap 4 Kecamatan Dalam Satu Hari

Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menerangkan jika rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Pontianak 5-7 Mei 2019

Deni Targetkan Selesaikan Pleno Rekap 4 Kecamatan Dalam Satu Hari
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ RIDHO PANJI PRADANA
Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi 

Deni Targetkan Selesaikan Pleno Rekap 4 Kecamatan Dalam Satu Hari

PONTIANAK - Ketua KPU Pontianak, Deni Nuliadi menerangkan jika rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat Pontianak 5-7 Mei 2019, pihaknya pun menargetkan menyelesaikan 4 dari 6 Kecamatan di Pontianak dalam jangka waktu satu hari.

Diungkapkannya pula, mekanisme peserta dari rapat pleno yakni KPU dan unsurnya PPK, PPS, juga Bawaslu unsurnya Panwaslucam, dan saksi peserta pemilu baik pilpres, DPD RI maupun parpol.

Dalam rapat pleno, kata dia, yang bisa menyampaikan pendapat atau memiliki hak bicara hanya para peserta, sedangkan para undangan hanya memantau atau menyaksikan.

"Proses rekapitulasi dengan membaca masing-masing Kecamatan, mulai dari Pontianak Tenggara, Pontianak Timur, Pontianak Selatan dan Pontianak Utara, kita hari ini sampai diempat Kecamatan, itupun mudah-mudahan sampai sore kalau tidak ya sedapatnya direkap hari ini, dan belum dilanjutkan besok," ungkapnya, Minggu (05/05/2019).

Baca: Ini Menu Favorit Wali Kota Pontianak Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Baca: Hasbi Nilai Peran Bunda PAUD Sangat Strategis

Baca: 11 Pengumuman Penting Bagi Kota Pontianak di Bulan Suci Ramadhan

Ia pun menerangkan, untuk dihari pertama dan karena waktu ibadah dibulan Ramadan, pihaknya hanya akan melakukan pleno hingga waktu ibadah salat Magrib.

"Mudah-mudahan bisa empat, karena sampai jam 12an saja baru satu Kecamatan, kita rencanakan menjelang magrib istirahat dan ibadah salawat tarawih pertama, bisa jadi malam tidak lanjut dan dilanjutkan besok pagi," tuturnya.

Sedangkan Pontianak Barat dan Pontianak Kota, kata dia, akan menunggu setelah empat Kecamatan, karena untuk sekarang masih proses pemberkasan.

"Nanti kita lihat mudah-mudahan bisa selesai besok, kalau bisa selesai, besok juga akan direkap, kalau tanggal 7, tanggal 7 kita rekap," katanya.

Komisioner KPU Pontianak dua periode ini juga mengatakan jika pihaknya akan melakukan rekap tetap sesuai tahapan walau dibulan ramadan.

"Proses penghitungan ini berjalan seperti biasa tidak ada perubahan, tidak ada perbedaan, mudah-mudahan bisa berjalan sesuai rencana dan berjalan aman dan tertib," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia pun berharap tidak ada lagi perbedaan data antara saksi, Bawaslu dan KPU karena telah maksimal di Kecamatan.

"Semoga tidak ada (intruksi, red) karena yang boleh saksi dan Bawaslu, begitu juga jika ada perbedaan kita bisa mengklarifikasi. semoga bisa lancar karena proses rekap dikecamatan seluruh permintaan saksi dituruti dan diselesaikan ditingkat Kecamatan, rekap DA1 jika ada perbedaan baru dilakukan pembetulan," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved