Sejak Menteri Susi Menjabat, Lebih dari 500 Kapal Ilegal Fishing Ditenggelamkan

Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bersama Lembaga terkait uang tergabung dalam Satgas 115, Satuan Tugas Pemberantasan

Sejak Menteri Susi Menjabat, Lebih dari 500 Kapal Ilegal Fishing Ditenggelamkan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/WAHIDIN
13 Kapal Asing yang ditenggelamkan di laut wilayah Kabupaten Mempawah 

Sejak Menteri Susi Menjabat, Lebih dari 500 Kapal Ilegal Fishing Ditenggelamkan

PONTIANAK - Kementrian Kelautan dan Perikanan RI bersama Lembaga terkait uang tergabung dalam Satgas 115, Satuan Tugas Pemberantasan Penangkapan Ikan Secara Ilegal Republik Indonesia memusnahkan sebanyak 13 kapal ikan Asing Ilegal di perairan Tanjung Datu, Kabupaten Mempawah, sekira 42 Notikalmil dari kantor PSDKP Pontianak. Sabtu (4/5/2019)

Ketiga belas kapal negara asing ini seluruhnya berasal dari negara Vietnam, dan ditenggelamkan dengan cara dilubangi bagian lambung kapal lalu kapal tersebut di isi dengan pasir lalu kapal tersebut di tambah diisi dengan air.

Sehingga membuat kapal perlahan - lahan berat dan tenggelam.

Dilokasi terlihat ada kapal yang tampak menyirami kapal - kapal nelayan asing yang akan dimusnahkan dengan cara ditenggelamkan.

Pada Penenggelaman inipun dihadiri langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti yang didampingi oleh Wakasal, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Kapolda Kalimantan Barat, Danlantamal 12 dan perwakilan instansi terkait.

Baca: LIVE TVOne & Kompas TV! Streaming Sidang Isbat Ramadan 1440 H Kemenag RI, Tonton di Link Berikut Ini

Baca: Insiden Tak Terduga Saat Rekapitulasi PPLN! Layar & Mic Mati, Tudingan Ferry Mursyidan & Respon KPU

Baca: Erlinawati Kantongi 78.089 Suara DPD RI di Kapuas Hulu

Sebelum berangkat menuju lokasi penenggelaman kapal, terlebih dahulu di lakukan pemusnahan barang bukti beberapa perlengkapan kapal milik nelayan asing Ilegal dengan cara di bakar, di kantor PSDKP Pontianak.

Humas PSDKP, Budianto menjelaskan bahwa penenggalaman kapal ini selain untuk membuat efek jera bagi nelayan asing Ilegal, juga sekaligus ditujukan untuk membuat terumbu karang buatan yang nantinya menjadi lokasi batu bagi ikan - ikan di wilayah perairan sekitar.

"Untuk tanggal 4 ini kita menenggelamkan 13 Kapal ikan ilegal yang berasal dari negara Vietnam, kapal - kapal di lubangi dibangun lambung, kemudian di isi dengan pasir, lalu diisi air untuk ditenggelamkan, sehingga kapal tidak mengalami kerusakan yang berat, sehingga bisa menjadi semacam terumbu karang buatan didasar perairan untuk tempat tinggal ikan - ikan,"tuturnya.

Ia mengungkapkan, untuk kapal yang akan dimusnahkan dengan cara di tenggelamkan sendiri seluruhnya berjumlah 51 kapal.

Halaman
123
Penulis: Ferryanto
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved