2019 Ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar Targetkan 63 Desa Mandiri

Aminuddin menuturkan pihaknya telah memeberikan pembekalan kepada beberapa para pengurus Bumdes di Kalbar untuk mengaktifkan Bumdes

2019 Ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar Targetkan 63 Desa Mandiri
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalbar Aminuddin saat berkunjung ke stand pameran di acara Memperingati hari ulang tahun ke-20 Gemawan di Hotel Kapuad Palace, kamis (4/4/2019) 

2019 Ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalbar Targetkan 63 Desa Mandiri

PONTIANAK - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar Aminuddin menuturkan pihaknya telah memeberikan pembekalan kepada beberapa para pengurus Bumdes di Kalbar untuk mengaktifkan Bumdes.

Sebab dari 50 indikator desa mandiri keberadaan bumdes jadi hal yang harus dipenuhi, Sabtu (4/5/2019)

"Tahun 2019 ini berdasarkan arahan pak gubernur bahwa tahun ini kita harus mengejar 63 desa mandiri dapat terealisasi," ujarnya.

Ia juga memaparkan pihaknya juga telah melakukan inventarisir terhadap beberapa desa di Kalbar yang telah mencapai beberapa indikator dari 50 indikator untuk menuju desa mandiri.

Baca: Pengamat Sebut Rentan Penyalahgunaan Kekuasaan

Baca: VIDEO: Grand Opening Blue Sky Premier Lounge Pontianak di Bandara Supadio

Baca: Lewat FB Anak Dibawah Umur Jadi Korban Pemerkosaan, Pelaku Pakai Foto Cewek dan Tawarkan Kerjaan

"Tinggal melihat sedikit-sedikit saja mana saja indikator yang belum terpenuhi. Mana indikator yang belum terpenuhi maka akan terus didorong untuk dipenuhi," ujarnya.

Misalkan di suatu desa indikator air bersih yang belum terpenuhi, Aminuddin menuturkan maka disektor tersebut pihaknya akan masuk dan berperan, termasuk dengan pemenuhan sarana fasilitas umum lainya.

"Akan tetapi jika kita lihat, rata-rata didesa yang berada di ibu kota kecamatan sudah memiliki syarat-syarat untuk menjadi desa mandiri. Seperti pemenuhan sarana fasilitas umum di desa," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved