Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Barisan Bhinneka Tunggal Ika Gunakan Pakaian Adat

Hardiknas diwarnai dengan defile atau barisan Bhinneka Tunggal Ika, yang menampilkan keindahan pakaian adat

Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Barisan Bhinneka Tunggal Ika Gunakan Pakaian Adat
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
barisan (defile) Bhinneka Tunggal Ika yang menampilkan 34 pasang muda mudi yang menggunakan pakaian adat dari 34 provinsi di Indonesia, Jakarta, kamis ( 2/5/2019). 

Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, Barisan Bhinneka Tunggal Ika Gunakan Pakaian Adat

JAKARTA - Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diwarnai dengan defile atau barisan Bhinneka Tunggal Ika, yang menampilkan keindahan pakaian adat dari berbagai daerah dan keragaman suku bangsa di Indonesia.

Keindahan pakaian adat dan keragaman suku bangsa tersebut terlihat dalam barisan (defile) Bhinneka Tunggal Ika yang menampilkan 34 pasang muda mudi yang menggunakan pakaian adat dari 34 provinsi di Indonesia, kamis (2/5/2019).

Barisan pakaian adat dari Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah diiringi dengan kesenian Tari Enggang dan Tari Terompio.

Selanjutnya, ada barisan yang menggunakan pakaian adat Jawa Timur dan Aceh hingga Papua, serta pakaian adat dari provinsi lainnya.

Di belakang barisan Bhinneka Tunggal Ika tersebut diikuti oleh barisan pegawai unit utama di lingkungan Kemendikbud, para guru dan kepala sekolah, Pramuka, Palang Merah Remaja (PMR), Patroli Keamanan Sekolah (PKS), siswa SD, SMP, SMA, dan peserta didik Paket A, B, dan C.

Baca: Dewan Pendidikan Kalbar Dorong Kepala Daerah Keluarkan Pergub Soal PPDB Bersih Siswa Titipan

Baca: Jelang Konser Kemenangan LIDA 2019, Ini Rencana Faul Jika Menjadi Juara Liga Dangdut Indonesia 2019

Baca: Tina Toon Dipastikan Lolos Sebagai Anggota Dewan, Nafa Urbach Posting Soal Nasibnya Menuju Kursi DPR

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, pada puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 mengatakan Barisan atau defile ini menunjukkan keindahan budaya Indonesia.

“Barisan atau defile ini menunjukkan keindahan budaya Indonesia. Kita ingin adat dan budaya Indonesia dapat terus lestari. Kebudayaan sebagai basis pendidikan nasional semakin kukuh dengan disahkannya Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Dengan terbitnya undang-undang tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketahanan budaya, dan mengambil peran di tengah peradaban dunia," ujarnya saat menghadiri Hardiknas di kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Kamis (02/05/2019).

Pada upacara bendera peringatan Hardiknas tersebut, Mendikbud menyematkan Satyalencana Karya Satya kepada 177 orang pegawai di lingkungan Kemendikbud yang telah mengabdi selama 10, 20, dan 30 tahun.

Di akhir upacara bendera, Kemendikbud menyerahkan arsip statis sebanyak 376 arsip kepada Arsip Nasional Indonesia (ANRI). Penyerahan ini dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, kepada Sekretaris Utama Arsip Nasional RI (ANRI), Sumrahyadi.

Halaman
123
Penulis: Anggita Putri
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved