Peran Orangtua Awasi Anak Berinternet Dapat Cegah Kejahatan Seksual

Memang mereka berada di dalam kamar tapi dengan internet mereka bisa berkontak sama orang lain,”

Peran Orangtua Awasi Anak Berinternet Dapat Cegah Kejahatan Seksual
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/sy
Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Darmanelly. 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Syahroni

TRIBUNPONTIANAK.CO,ID, TRIBUN - Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A), Darmanelly menyampaikan, sosialisasi pencegahan dan penanganan eksploitasi seksual anak melalui media online sangat penting mengingat upaya mengedukasi para remaja dan anak.

"Memang permasalahan anak ini cukup komplit penanganannya. Kami dari dinas menyambut baik dan sangat apresiasi atas terselenggaranya kegiatan kerjasama antara pemkot dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak," ucap Darmanelly dalam sosialisasi Pencegahan Kekerasan dan Eksploitasi Terhadap Anak Melalui Media Online.

Kegiatan yang melibatkan ratusan siswa SMP dan SMA ini berlangsung di Aula Sultan Syarif Abdurrahman, Jumat (3/5/2019)

Baca: Cegah Ekploitasi Seksual Anak, Wali Kota Pontianak Imbau Remaja Gunakan Internet Positif

Baca: Tangkap Lima Tersangka, Polda Kalbar Bakar 13,65 Kg Narkoba

Darmanelly berharap anak-anak di kota Pontianak menjadi anak yang cerdas dalam berinternet, 100an peserta yang mengikuti kegiatan ini diharapkannya pula mampu menjadi pioner terhadap rekan-rekannya disekolah dan lingkungan masyaralat.

Sementara untuk orangtua, sangat diperlukan kepeduliannya dalam mengawasi anak-anak dalam kesehariannya.

"Orangtua juga jangan sampai lengah dalam pengawasannya, jangan sampai lengah dan harus diawasi dalam penggunaan internetnya. Memang mereka berada di dalam kamar tapi dengan internet mereka bisa berkontak sama orang lain,” tegasnya.

Ia menegaskan, tentu semua sudah sepakat tidak boleh ada kekerasan terhadap anak dan kejahatan seksual terhadap anak, maka dengan adanya tekad tersebut harus dibarengi dengan pengawasannya.

Masa remaja sangat rentan akan hal-hal yang mereka ingin tahu, sehingga mereka mencari tahu tapi akibat tidak diawasi dan dikontrol dengan baik maka bisa menjerumuskan merela kehal negatif begitu jugalah dalam penggunaan internet.

Tak sedikit kasus kekerasan dan kejahatan seksual terhadap anak bermula dari media sosial. Oleh sebab itu, ia berpesan sebagai orangtua harus mengontrol anak-anaknya dalam bermedia sosial.

Penulis: Syahroni
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved