Dari 0 ke 5 Kursi di Parlemen, Pengamat Nilai PKB Sambas Buktikan Kegigihan

Mereka berhasil mengalahkan rasa takut tersebut. Sambil berseloroh, kita dapat katakan mereka bekerja dengan modal keberanian

Dari 0 ke 5 Kursi di Parlemen, Pengamat Nilai PKB Sambas Buktikan Kegigihan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Pengamat Politik Untan, Ireng Maulana MA 

Dari 0 ke 5 Kursi di Parlemen, Pengamat Nilai PKB Sambas Buktikan Kegigihan

PONTIANAK - Keberhasilan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam meraih kursi legislatif di DPRD Sambas dinilai menjadi bukti akan kegigihan. 

Berikut analisa terkait hal tersebut dari Pengamat Politik Kalbar yang juga akademisi Untan, Ireng Maulana, Jumat (03/05/2019): 

"Keberhasilan PKB Sambas merebut 5 kursi parlemen setidaknya menunjukkan tiga kegigihan.

Pertama masuknya gerbong anak-anak muda yang hanya memikirkan target yang harus mereka capai sembari terus bekerja hingga menit terakhir menuju pencoblosan. 

Baca: Dari Nol Raih 5 Kursi, Cak Imin Bangga Dengan PKB Sambas

Baca: 4 Parpol di Sambas Belum Laporkan LPPDK, Terancan Saksi Berat, Berikut Daftarnya

Kerja politik yang dimotori sebagian besar oleh anak-anak muda tadi bergerak menggarap semua ceruk pemilih tanpa dihalangi beban identitas, ketakutan akan ketiadaan sumber daya dan penguasaan teritori oleh kandidat lain. 

Mereka berhasil mengalahkan rasa takut tersebut. Sambil berseloroh, kita dapat katakan mereka bekerja dengan modal keberanian ditambah banyak sekali kenekatan. 

Terkadang dalam pertarungan politik elektoral faktor non teknis juga menyumbang keberhasilan yakni mental yang didalamnya menyala api optimisme. 

Ruang-ruang politik kita di daerah harus lebih banyak lagi di huni oleh anak-anak muda dengan mental semacam ini supaya regenerasi kepemimpinan politik cepat bertransformasi. 

Kegigihan kedua adalah mereka anak-anak muda tadi percaya pada target yang mereka rencanakan.  Tentu saja rencana tanpa eksekusi secara benar juga tidak membuahkan hasil yang memuaskan. 

Halaman
12
Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved