ACT Kalbar Salurkan Ratusan Paket Kebutuhan Pokok Bagi Korban Banjir di Ketapang

Lokasi desa yang jaraknya saling berjauhan, dan kondisi Medan yang cukup sulit, membuat pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam menyalurkan bantuan

ACT Kalbar Salurkan Ratusan Paket Kebutuhan Pokok Bagi Korban Banjir di Ketapang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Barat saat salurkan bantuan ke Korban Banjir di Kabupaten Ketapang. 

ACT Kalbar Salurkan Ratusan Paket Kebutuhan Pokok Bagi Korban Banjir di Ketapang

PONTIANAK - Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Foundation Kalimantan Barat menyalurkan bantuan ratusan paket kebutuhan pokok bagi warga Kabupaten Ketapang yang terdampak banjir.

Akhmad Fathoni, Marketing Communication ACT Kalimanatan Barat mengungkapkan bahwa dari informasi yang didapat bahwa sejak Sabtu (27/4/2019) telah terjadi musibah Banjir di beberapa Kecamatan di kabupaten ketapang.

Baca: BGA Group Salurkan Bantuan Bagi Korban Banjir di Kecamatan Nanga Tayap

Khususnya daerah hulu, yang diakibatkan hujan yang terus menerus turun sehingga debit air pada daerah tersebut naik dan menggenangi pemukiman warga.

kemudian, Akhmad Fatoni memaparkan bahwa MRI Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat pun langsung telah menghimpun informasi, dan mendapatkan data bahwa Wilayah terdampak adalah sebagai berikut ;

  1. Kecamatan Sandai
  2. Kecamatan Nanga Tayap
  3. Kecamatan Tumbang infiti
  4. Kecamatan Pemahan
  5. Kecamatan Sungai Melayu
  6. Kecamatan Hulu Sungai
  7. Kecamatan Sungai Laur.

"Yang terparah itu di wilayah Kecamatan Sandai, yang mana 13 Desa terkena dampaknya, untuk ketinggian air dibagian pesisir 2-3 meter, dan Masyarakat pedalaman yang rumahnya tenggelam bertahan dirumah warga yang bertingkat, kalau untuk Daerah pasar kota mencapai 1 meter, untuk Korban yang terdampak banjir ini sendiri diperkirakan sekitar 3000 KK, di bagian pesisir sekitar 1000 KK, dan untuk Kebutuhan utama hanya bahan Pokok yang diperlukan,"paparnya saat di konfirmasi Tribun. Kamis (2/5/2019).

Baca: Besok, ACT Foundation Launching di 28 Provinsi, Termasuk Kalbar

Baca: Berdirinya ACT Untuk Membantu Sosial dan Kemanusiaan

Akhmad mengungkapkan, Lokasi desa yang jaraknya saling berjauhan, dan kondisi Medan yang cukup sulit, membuat pihaknya sedikit mengalami kesulitan dalam menyalurkan bantuannya.

"Tapi, Alhamdulillaah sejak Selasa malam, air sudah mulai surut sehingga Rabu siang, para relawan sudah bisa akses masuk ke lokasi tujuan, dan lebih mudah untuk menyalurkan donasi kemanusiaan, kalau untuk Kendala yang dihadapi di lapangan, hanyalah akses antar Desa yg cukup jauh,"ujarnya.

Untuk saat ini, Akhmad mengungkapkan bahwa sebanyak 200 paket logistik pangan telah disalurkan oleh ACT dan MRI Kalbar, yang juga bersinergi dengan Aliansi Kalbar Peduli.

Dan paket tersebut terdiri atas : 200kg beras, 400an bungkus mie instan, 200Liter minyak goreng, dan 200 kg Gula pasir.

Sedangkan untuk penerima manfaat Kec Sandai Kel Sandai Desa Sandai, RT 27 dan 28, RW 14 penerima 85 KK, lalu di Kec. Sandai, Kel. Sandai, RT 29, RW 14 penerima 50 KK, terakhir Kec. Sungai Laur, Kel Sungai Laur, Desa Sempurna RT 01 & 02, RW. 01 penerima 65 KK.

Penulis: Ferryanto
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved