Gelar Sosialisasi Kerterbukaan Informasi, KI Harap Mahasiswa Jadi Pengontrol Transparansi Informasi

KI Kalbar) mengadakan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik kepada ratusan mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan kampus FISIP

Gelar Sosialisasi Kerterbukaan Informasi, KI Harap Mahasiswa Jadi Pengontrol Transparansi Informasi
TRIBUNPONTIANAK/ferryanto
Rospita Vici Paulyn, Komisioner KI Kalbar Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI saat berikan materi. 

Gelar Sosialisasi Kerterbukaan Informasi, KI Harap Mahasiswa Jadi Pengontrol Transparansi Informasi

PONTIANAK - Komisi Informasi Provinsi Kalimantan Barat (KI Kalbar) mengadakan sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik kepada ratusan mahasiswa dan mahasiswi di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura, Kamis (2/5/2019).

Bertempat di Aula Gedung Megister Management Fisipol, Rospita Vici Paulyn, Komisioner KI Kalbar Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi KI menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang keberadaan undang - undang keterbukaan informasi publik.

Dimana UU ini memberikan kewajiban kepada setiap badan publik untuk membuka seluruh informasi publik yang di kuasainya, serta kebebasan bagi masyarakat untuk mengaksesnya informasi publik sebagai hak konstitusional setiap warga negara yang di lindungi undang - undang.

Baca: Ahmad Bustomi Nakhodai DPW FKDT Masa Khidmat 2019-2024, Terpilih Sebagai Ketua

Baca: BREAKING NEWS - Warga Mempawah Ngadu ke Gubernur Sutarmidji, Protes Ganti Rugi Pelabuhan Kijing

Baca: Oknum ASN Pemprov Kalbar Perlakukan ABG Tak Senonoh, Midji Pastikan Pecat

Ia menegaskan bahwa mahasiswa sendiri sebagai bagian dari masyarakat wajib tahu, mengerti dan memahami mengenai hak - haknya atas informasi publik, sehingga mahasiswa dapat turut serta, berperan aktif dalam mengontrol transparansi atau keterbukaan informasi publik.

"Perguruan tinggi mempunyai peranan penting melaksanakan dan mendorong Keterbukaan Informasi Publik, pertama Karena perguruan tinggi merupakan badan publik yang harus tunduk terhadap undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kedua perguruan tinggi merupakan institusi yang menjunjung tinggi budaya akademik dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta membina sumber daya manusia yang akan mengisi berbagai struktur sosial, dengan demikian melaksanakan proses belajar mengajar penelitian serta pengabdian masyarakat perguruan tinggi harus aktif membangun budaya Keterbukaan Informasi Publik dalam masyarakat,",ujarnya.

lebih lanjut rizi menjelaskan bahwa lingkungan perguruan tinggi sangat erat kaitanya dengan pengelolaan dan pemanfaatan informasi pablik untuk itu sejumlah peran dapat dijalankan oleh perguruan tinggi antara lain.

1. sebagai lokomotif dalam melaksanakan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik dengan pembenahan sistem pengelolaan informasi secara benar akurat dan mudah diakses

2. sebagai fasilitator dalam membangun masyarakat sadar informasi yang memanfaatkan Informasi Publik untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan badan publik yang baik

3. menjadi motivator agar masyarakat dan badan publik lainnya dapat memanfaatkan penyediaan Informasi Publik untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

sebagai Agent of change mahasiswa diharapkannya dapat membawa suatu perubahan dari sesuatu hal yang buruk menjadi sesuatu hal yang lebih baik dalam berbagai aspek, yang berarti mahasiswa harus berperan aktif untuk menjadi penggerak dalam mendorong Keterbukaan Informasi Publik agar mampu meningkatkan kapasitas bangsa dan mampu menjadi solusi atas berbagai tantangan dan permasalahan yang ada pada saat ini

dirinya berharap setelah kegiatan ini Mahasiswa dapat menjadi perpanjangan tangan dari Komisi informasi untuk menyampaikan kepada publik serta masyarakat luas mengenai keberadaan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik ini dan adanya jaminan terhadap hak-hak masyarakat untuk mengakses informasi publik yang dibutuhkannya dari semua badan pablik.

Penulis: Ferryanto
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved