Bea Cukai Sintete Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok dan Pakaian Lelong

Menurutnya, barang-barang tersebut dilakukan penindakan oleh KPPBC TMP C Sintete, diantaranya untuk barang hasil penindakan di bidang kepabeanan.

Bea Cukai Sintete Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok dan Pakaian Lelong
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/M WAWAN GUNAWAN
Ratusan Ribu Batang Rokok dan pakaian Lelong yang di musnahkan oleh Bea-cukai Sintete Kabupaten Sambas, Kamis (2/5/2019). 

Bea Cukai Sintete Musnahkan Ratusan Ribu Batang Rokok dan Pakaian Lelong

SAMBAS - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Sintete (KPPBC TMP C Sintete), Kabupaten Sambas, pagi tadi melakukan pemusnahan barang milik
Negara (BMN).

Dalam kesempatan itu, Kepala kantor KPPBC TMP C Sintete, Achmat Wahyudi mengatakan, barang milik negara yang dimusnahkan adalah berupa ratusan ribu batang rokok dan juga pakaian lelong (Bekas pakai).

Ia menuturkan, barang-barang tersebut merupakan hasil Penindakan Eks Kepabeanan dan cukai yang melanggar ketentuan dan hukum negara.

"Penindakan dilakukan karena melanggar Undang-Undang nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 10 tahun 1995, tentang Kepabeanan dan Undang-Undang nomor 39 tahun 2007 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor 11 tahun 1995 tentang Cukai, " ujarnya, Kamis (2/5/2019).

Baca: Profil Wanita Paling Muda Menjadi Staf Penindakan dan Penyidikan di Bea Cukai

Baca: Petugas Bea Cukai Pontianak Panik dan Lindungi Kepala dengan Tangan

Ia menjelaskan, Barang-barang Milik Negara tersebut merupakan barang hasil penindakan di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Aruk dan hasil operasi pasar selama periode April 2018 hingga dengan Desember 2018.

Adapun barang-barang yang dimusnahkan itu adalah berdasarkan surat persetujuan pemusnahan dari Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Singkawang.

"Barang milik negara yang diusulkan untuk pemusnahan adalah berupa rokok sejumlah 500.694 batang, barang kena cukai minuman mengandung etil dan alkohol (MMEA) sejumlah 124 liter, ballpress sebanyak 54 koli, mesin bekas sejumlah 5 unit, dan barang barang lainnya," jelasnya.

Baca: VIDEO: Bea Cukai Amankan Tiga Kontainer Lelong

Baca: Bea Cukai Entikong Terima Pelimpahan 70 Slop Rokok dan 96 Botol Miras

Menurutnya, barang-barang tersebut dilakukan penindakan oleh KPPBC TMP C Sintete, diantaranya untuk barang hasil penindakan di bidang kepabeanan.

Hal itu dikarenakan tidak memenuhi
persyaratan larangan dan pembatasan, dibidang impor dari instansi teknis serta untuk barang kena cukai karena tidak dipenuhinya ketentuan di bidang cukai. (One)

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved