Ria Norsan Nilai Industri Hilirisasi di Kalbar Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

Kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi meliputi kawasan Metropolitan Pontianak meliputi Kota Pontianak

Ria Norsan Nilai Industri Hilirisasi di Kalbar Tingkatkan Perekonomian Masyarakat
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Wakil Gubernur Kalimantan Barat 

Ria Norsan Nilai Industri Hilirisasi di Kalbar Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan memaparkan sesuai RTRW Provinsi Kalbar (Perda Nomor 10 Tahun 2014) Kawasan Strategis Provinsi adalah wilayah yang penataan ruangnya diprioritaskan karena mempunyai pengaruh sangat penting dalam lingkup provinsi terhadap ekonomi, sosial, budaya, dan/atau lingkungan.

Kawasan strategis dari sudut kepentingan pertumbuhan ekonomi meliputi kawasan Metropolitan Pontianak meliputi Kota Pontianak dan sekitarnya dengan sektor unggulan perdagangan dan jasa, industri, dan pariwisata.

Kawasan Pelabuhan Kecamatan Sungai Kunyit dan sekitarnya dengan sektor unggulan industri; Kawasan Industri Tayan dengan sektor unggulan pertambangan, perkebunan, dan industri.

Kawasan Industri Semparuk dengan sektor unggulan pertanian dan industri Kawasan Industri Tanjung Api dengan sektor unggulan pertambangan Kawasan Industri Mandor dengan sektor unggulan karet, kelapa sawit, dan pertambangan.

Baca: Rose BLACKPINK Bocorkan Segera Rilis Lagu Solo, Ternyata Seperti Ini Lagu yang Bakal Dinyanyikannya!

Baca: Ustadz Adi Hidayat: Kecebong Sudah Selesai Kampret Sudah Hilang, Mau Cari Dosa Lagi?

Baca: Nasi Goreng Warkop Suprapto, Sajian Lezat Cuma Rp 15 Ribuan Aja Cuy!

Kawasan Industri Matan Hilir Selatan dan Kendawangan dengan sektor unggulan pertambangan, perkebunan, dan

industri; Kawasan pertambangan bauksit di Kabupaten Sanggau, Ketapang, Landak, dan Mempawah dengan sektor unggulan pertambangan; Kawasan pertambangan batubara di Kabupaten Melawi, Sintang, dan Kapuas Hulu dengan sektor unggulan

pertambangan; Kawasan Pariwisata Pasir Panjang dan sekitarnya di Kota Singkawang dan Kabupaten Bengkayang dengan sektor

unggulan pariwisata, industri, dan perikanan; Kawasan Manismata-Sukaramai dengan sektor unggulan perkebunan dan industri; dan Kawasan pesisir dan pulau-pulau kecil di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang dengan sektor unggulan perikanan dan pariwisata.
Kalbar, Provinsi Luas Tapi Minim Anggaran Pembangunan

Provinsi Kalbar memiliki potensi sumber daya alam yang cukup banyak guna mendukung kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan perekonomian; dan Sumber daya alam yang ada agar selalu dikelola dan dijaga dengan baik demi keberlangsungan kehidupan masyarakat kedepan.

"Guna mengelola dan menjadi sumber daya alam yang ada yang diharapkan akan meningkatkan perekonomian masyarakat meliputi penyiapan kawasan strategis Provinsi dan membangun hilirisasi idustri," ujarnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved