Semburan Lumpur Dalam Tanah di Kapuas Hulu, Ini Penjelasan BPBD

hasil pantauan di lapangan sepertinya ada tekanan dari bawah tanah yang menyebabkan lumpur menyembur

Semburan Lumpur Dalam Tanah di Kapuas Hulu, Ini Penjelasan BPBD
TRIBUNPONTIANAK/Sahirul Hakim
Lokasi semburan lumpur dari dalam tanah di Jalan Lingkungan SDN 01 Desa Teluk Sindor Kecamatan Bika. 

Semburan Lumpur Dalam Tanah di Kapuas Hulu, Ini Penjelasan BPBD

KAPUAS HULU - Menanggapi diduga semburan lumpur bercampur asap dari dalam tanah, di Jalan lingkungan SDN 01 Desa Teluk Sindor, Kecamatan Bika, Korlap Penanggulangan Bencana, BPBD Kabupaten Kapuas Hulu Muhammad Yunus mengimbau kepada masyarakat setempat untuk tidak kuawatir, karena belum membahayakan, tapi sementara jangan terlalu mendekat dari semburan tersebut.

"Kami sudah turun kelapangan, memang ada semburan semacam lumpur, bercampur dengan angin dan semburan tersebut tidak terlalu tinggi hanya beberapa sentimeter saja," ujarnya kepada wartawan, Selasa (30/4/2019).

Baca: Selamat! Nurul Bashirah, Gadis Cantik Perwakilan Bandung Raih Mahkota Puteri Muslimah Indonesia 2019

Baca: TERPOPULER - LIDA 2019 Top 4 Show, Barcelona Vs Liverpool, hingga Oknum PNS Perkosa Gadis Belia

Baca: Gina Senang Dapat Mobil Avanza Dari Panen Hadiah Simpedes BRI Cabang Mempawah

Menurutnya, hasil pantauan di lapangan sepertinya ada tekanan dari bawah tanah yang menyebabkan lumpur menyembur. "Untukntuk selanjutnya kami akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak termasuk yang menangani lingkungan hidup dan bagian pertambangan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Teluk Sindor, Vinsensius Victor Anes menyatakan, awal mengetahui adanya semburan lumpur tersebut setelah ada laporan dari warganya. "Setelah saya cek ke lokasi, betul ada semburan angin bercampur lumpur, dan ini merupakan kejadian pertama pertama kali di desa teluk Sindor," ujarnya.

Mengetahui atas kejadian ini, Kades langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Kapuas Hulu, untuk ada tindakan apakah berbahaya atau tidak. "Kami berharap, ada langkah dari pemerintah daerah sehingga dapat dipastikan penyebab semburan lumpur itu," ungkapnya.

Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved