Separuh Parpol Peserta Pemilu Belum Serahkan LPPDK ke KPU Mempawah

Hanya ada 8 (delapan) Parpol yang telah menyerahkan di KPU Kabupaten Mempawah

Separuh Parpol Peserta Pemilu Belum Serahkan LPPDK ke KPU Mempawah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DAVID NURFIANTO
Ketua KPU Mempawah, M. Agoes Soesanto saat dijumpai Tribun, di Gudang Logistik KPU Mempawah, Jalan Pangsuma, Desa Antibar, Mempawah Timur, Rabu (13/2/2019). 

Separuh Parpol Peserta Pemilu Belum Serahkan LPPDK ke KPU Mempawah

MEMPAWAH - Dari total lima belas partai politik (Parpol) peserta Pemilu di Mempawah, baru separuhnya saja yang sudah menyerahkan Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK). 

Hanya ada 8 (delapan) Parpol yang telah menyerahkan di KPU Kabupaten Mempawah.

Padahal, kata Ketua KPU Kabupaten Mempawah, Agoes Soesanto, batas waktu penyampaian LPPDK mulai 26 April sampai 1 Mei 2019 pukul 18.00 WIB.

"Untuk partai politik peserta Pemilu yang sejauh ini sudah meyampaikan LPPDK ke KPU Mempawah berdasarkan catatan kami di tanggal 26 April sudah ada partai PSI dan partai PAN, pada tanggal 27 April disusul partai PKB, Hanura, Perindo, Gerindra, Golkar dan PDI Perjuangan," jelasnya.

Baca: Dituding Curangi Paslon Capres Cawapres 02, KPU Mempawah Klarifikasi, Ungkap Kekeliruan

Baca: Heboh Video Dugaan Kecurangan Terhadap Paslon 02, Bawaslu Ingatkan KPU Mempawah Cermat Input Data

Lebih dalam ia mengatakan, untuk tim kampanye Presiden dan Wakil Presiden yang telah menyampaikan dan menyerahkan ke KPU Mempawah pada tanggal 27 April 2019 yaitu tim kampanye Paslon nomor urut 01 dan 02.

"Itu laporan sementara kita terkait dengan Parpol yang sudah menyerahkan LPPDK ke KPU Mempawah," imbuhnya.

Agoes mengatakan bagi Parpol dan tim kampanye yang tidak menyampaikan LPPDK sampai batas waktu yang ditetapkan maka akan dikenakan sangsi sesuai peraturan KPU RI.

"Untuk sangsi berdasarkan surat KPU RI bahwa Parpol peserta Pemilu di tingkat Kabupaten Kota serta calon anggota DPD yang tidak menyampaikan LPPDK kepada Kantor Akuntan Publik (KAP) yang ditunjuk oleh KPU sampai dengan batas waktu yaitu 1 Mei 2019 pukul 18.00 dikenai sangsi berupa tidak ditetapkannya calon anggota DPR, DPD Provinsi, Kabupaten Kota, partai politik yang bersangkutan serta calon anggora DPD menjadi calon terpilih," jelasnya.

Baca: KPU Mempawah Pastikan Pastikan Pemungutan Suara Sepenuhnya Siap, Termasuk Daerah di Terpencil

Baca: KPU Mempawah Musnahkan Surat Suara Rusak, Cacat dan Lebih, Jumlahnya Hampir 3 Ribuan Lembar

Untuk hari ini kata dia, rencananya ada dua Parpol yang akan menyampaikan LPPDK, untuk sementara jumlahnya sudah ada delapan Parpol dan dua tim kampanye yang sudah menyerahkan ke KPU Mempawah.

"Sedangan di Mempawah ini ada 15 parpol yang wajib menyerahkan LPPDK kecuali partai PKPI yang sudah dibatalkan sebagai peserta Pemilu di tingkat Kabupaten Mempawah," timpalnya.

Sesuai peraturan kata dia, mereka wajib menyampaikan satu rangkap naskah asli Laporan Aawal Dana Kampanye (LADK) kemudian Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dan LPPDK beserta lampirannya untuk KAP, dan dua rangkap salinan naskah asli khusus LPPDK beserta lampirannya untuk KPU Kabupaten Mempawah dan Bawaslu Kabupaten Mempawah.

"Mereka juga harus menyerahkan naskah asli elektronik atau soft copy untuk LPPDK nya, kita di KPU akan melayani mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 18.00 sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," tutupnya. (Yak)

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved