Sekda Sintang Apresiasi Lomba Bercerita Tingkat SD dan Yakini Mampu Tingkatkan Minat Membaca

Yosepha Hasnah membuka pelaksanaan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2019 di Aula CU Keling Kumang, Kabupaten Sintang

Sekda Sintang Apresiasi Lomba Bercerita Tingkat SD dan Yakini Mampu Tingkatkan Minat Membaca
TRIBUNPONTIANAK/Wahidin
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyaksikan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2019 di Aula CU Keling Kumang, Kabupaten Sintang, Senin (29/4/2019) pagi. 

Sekda Sintang Apresiasi Lomba Bercerita Tingkat SD dan Yakini Mampu Tingkatkan Minat Membaca

SINTANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah membuka pelaksanaan Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2019 di Aula CU Keling Kumang, Kabupaten Sintang, Senin (29/4/2019) pagi.

Menurutnya lomba bercerita ini merupakan salah satu program yang baik. Bercerita bermula dari perbuatan mendongeng yang menyenangkan dan bermanfaat bagi tiap orang dengan mengangkat cerita zaman dahulu untuk diteladani.

"Orang yang suka dan pandai bercerita biasanya mampu membaca dan menangkap isi bacaan dari buku-buku cerita yang kemudian diolahnya dengan bahasa yang gampang dicerna oleh pendengarnya” terang Yosepha Hasnah.

Menurutnya buku sebagai sumber bahan bacaan menjadi jendela untuk menemukan karangan cerita. Hubungan antara membaca, buku dan bercerita. Semakin banyak buku yang dibaca semakin mendukung kemampuan bercerita.

Baca: RAMALAN ZODIAK Kesehatan Senin 29 April, Libra Belajar Menghadapi Kekecewaan, Komunikasikan Cancer

Baca: Kalbar Sepekan - Kapal Feri Terbalik, Ular Raksasa Masuk Rumah Warga, hingga SMPN 22 Pontianak Roboh

Baca: Kalbar 24 Jam - Jembatan Landak II Rampung, Banjir di Singkawang, hingga Danau Penyengat di Ketapang

"Budaya membaca harus kita dorong kepada anak-anak kita sejak usia dini. Namun melihat kebiasaan membaca masih banyak diabaikan kita semua karena adanya media yang lebih praktis seperti televisi maupun internet," ujarnya.

Oleh karena itu, menurutnya perlu mencari strategi agar minat baca dikalangan anak-anak terus tumbuh dengan baik. Dirinya mengapresiasi lomba bercerita ini dan yakin dengan lomba ini akan mendorong minat baca anak-anak.

"Pesan saya kepada anak-anak untuk bisa mengikuti lomba ini dengan baik. Jangan takut salah dan merasa malu, ungkapkan cerita yang kalian sukai melalu cara dan tata bahasa yang baik. Menang atau kalah hal biasa," jelasnya.

Dirinya juga meminta lomba seperti ini bisa rutin dilaksanakan dan bisa menjadi agenda tahunan kita karena sejalan dengan visi pembangunan daerah Kabupaten Sintang yakni mewujudkan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved